Pendidikan

Gugus Depan 01.083 – 01.084 Pangkalan SMP Negeri 7 Tuban Gelar Kemah Besar dan Lomba Tingkat I

131
×

Gugus Depan 01.083 – 01.084 Pangkalan SMP Negeri 7 Tuban Gelar Kemah Besar dan Lomba Tingkat I

Sebarkan artikel ini

TUBAN,LIPUTAN7.ID – Gugus Depan 01.083 – 01.084 Pangkalan SMP Negeri 7 Tuban menyelenggarakan kegiatan Kemah Besar dan Lomba Tingkat 1 (LT1), Tanggal 19 – 21 Juni 2024 bertempat di Bumi Perkemahan Sendang Asmoro Ngino Semanding Tuban dengan mengambil tema”Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”.

Ketua Panitia sekaligus pembina gugus depan Agus Budi Sarjono menyampaikan bahwa tujuan kemah besar ini untuk menambah ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Mendidik kedisiplinan dan kemandirian siswa.

Lebih lanjut Agus menjelaskan perkemahan ini diikuti 253 pramuka penggalang yang ada di pangkalan SMPN 7 Tuban.

Sementara itu, Kepala SMPN 7 Tuban Mudakir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak pembina yang telah mendampingi anak-anak selama 3 hari, dan terima kasih juga berkat kakak-kakak pelaksanaan kemah besar ini berjalan dengan sukses.

“Kami berharap setelah mengikuti perkemahan ini anak-anak bisa tambah rajin dan disiplin, baik di sekolahan maupun di rumah. Harus ada perubahan. Lebih giat lagi mengikuti latihan pramuka,” harap Mudakir.

Diketahui, dalam Kurikulum 2013, Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib di Sekolah mulai dari pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs) dan pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK).

Pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler Pramuka di sekolah dapat bekerja sama dengan Kwartir Ranting atau Kwartir Cabang setiap kecamatan, maupun kabupaten/kota setempat.

Mengapa Pramuka dijadikan ekstrakurikuler wajib di sekolah? Hal ini tak lain karena melalui kegiatan pendidikan Pramuka bisa ditanamkan berbagai karakter baik pada diri siswa.