Polri

Guna Kondusifitas Nataru 2023-2024, Polres Nisel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba

233
×

Guna Kondusifitas Nataru 2023-2024, Polres Nisel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba

Sebarkan artikel ini

NISEL, LIPUTAN7.ID – Kepolisian Resor (Polres) Nias Selatan (Nisel), melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), di Markas Polres Nias Selatan, Kabupaten Nias Selatan pada hari Kamis (21/12/2023) pagi, dan dipimpin oleh WAKAPOLRES NIAS SELATAN KOMPOL ARIUS ZEGA yang bertindak selaku inspektur upacara.

Operasi Lilin Toba 2023 dimulai sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.Apel Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Waka Polres Nias Selatan, KOMPOL ARIUS ZEGA, S.H.,M.H, Mewakili Dandim 0213 Nias, Danramil Teluk Dalam, KAPTEN OZATULO ZEBUA, Mewakili Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Selatan SIGIT G, S.H, Mewakil Ketua DPRD Kab.Nise, BIV. TINANDA LIMBONG, Mewakili Danlanal Nias, Dandem pomal lanal Nias, MAYOR LAUT (PM) ARISMAN, Kadis Kesehatan Nias Selatan, Dr. HENNY DUHA, Mewakili Kepala Basarnas Pulau Nias, JAMES ANNEX LAOLI, Kasat Samapta Polres Nias Selatan AKP DEFTASITEPU,S.H, Kasat Intelkam Polres Nias Selatan, AKP TOMBOR MARBUN, Kapolsek Pulau Pulau Batu, AKP TUGINO PURBA, Kasat Narkoba Polres Nias Selatan, AKP R. SIANIPAR, S.H., M.H, Kapolsek Teluk Dalam, AKP DEDI YANSAH PUTRA GINTING, S.H., M.H, KBO Sat Intelkam Polres Nias Selatan, IPTU ARDIANSYAH, S.H., M.H, Kapolsek Lahusa, IPTU JIMMY CHARLES HUTAJULU, Kapolsek Gomo, ELOHANSEN SARLI MARBUN, S.H, Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Nias Selatan,IPDA DAVID PANGARIBUAN, S.H

Pasukan Apel Gelar Pasukan terdiri dari Peleton TNI Koramil Teluk dalam , Satu Peleton Sat Samapta Polres Nisel, Satu Peleton staf Polres Nisel, Satu Peleton Sat Lantas, Satu Peleton gabungan Sat Intel, Reskrim dan narkoba, Satu Pleton Dinas Perhubungan Nias Selatan,Satu Peleton Satpol PP, Satu Peleton Dinas Kesehatan,Satu Pleton gabungan BASARNAS dan BPBD Nias, serta Satu Peleton Damkar Nias Selatan.

Menyampaikan amanat Kapolri, Wakapolres Nias Selatan KOMPOL ARIUS ZEGA mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana sehingga pengamanan Nataru di kabupaten Nias selatan dapat berjalan optimal.

“Ancaman Terorisme juga menjadi tantangan yang serius,untuk itu kedepankan deteksi dini dan preventive.Strike untuk mencegah pelaku terror melancarkan aksinya,serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian,maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal maupun pergantian tahun baru 2023-2024,” ujarnya.

Selanjutnya Wakapolres Nias Selatan mengatakan kegiatan pengamanan tahun ini, setidaknya ada 3 point utama yang menjadi perhatian, yakni terjaganya stabilitas harga pangan,dan stabilnya distribusi bahan pokok,dan kondisi kamtibmas yang kondusif dan keamanan, serta kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik.

“Dalam mewujudkan stabilitas harga pangan, Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil. Upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan Kementerian/Lembaga terkait serta penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku, penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan,” kata Wakapolres

Untuk menjaga kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, selaku Wakaopsres yang meneruskan pesan Kapolres, dia mengingatkan kepada seluruh personel Polres Nias Selatan, agar mampu antisipasi kejahatan konvensional seperti curat, curas, curanmor,dan pencurian rumah kosong. Caranya melalui peningkatan kegiatan Pre-emtif, Preventif, dan Represif.

“Untuk kelancaran arus lalulintas, Wakapolres menekankan agar seluruh personel bisa memberikan pelayanan yang terbaik.“Berikan atensi penuh pada titik rawan kecelakaan dan rawan macet pada puncak hari H perayaan dan ibadah Natal dan terutama pada puncak arus mudik yakni H-2 Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sementara untuk puncak arus balik pada H+5 Natal 2023 dan Tahun baru 2024,” tegas Wakapolres.

untuk mengantisipasi kerawanan tersebut Polres Nias Selatan akan menempatkan personil di beberapa pos utama pelayanan dan pos-pos pengamanan  Antara lain; 1. Pos Pelayanan Pelabuhan Kecamatan teluk dalam, 2. Pos Pengamanan kecamatan luahagundre maniomolo , 3. Pos kecamatan lahusa, 4. Pos Pelabuhan Pulau Tello.

“Untuk gereja yang akan melaksanakan ibadah natal akan dilaksanakan monitoring dan penempatan personil terhadap gereja yang akan diamankan pada saat perayaan Natal 2023 berjumlah gereja tempat ibadah di kota teluk dalam sekitarnya di kabupaten Nias selatan  dan ada pengamanan tempat pergantian tahun antara lain; Alun-alun lapangan ororusa yang menjadi tempat kegiatan pasar natal, operasi ini berlangsung selama 12 hari,” tuturnya.

Wakapolres juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2023.