Pemerintah

Guna Rencana Pembangunan Ter-arah, Pemdes Kalangan Prao Gelar Musdes RKPDes

79
×

Guna Rencana Pembangunan Ter-arah, Pemdes Kalangan Prao Gelar Musdes RKPDes

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangan Prao, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim) gelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). Diketahui Musdes RKPDes itu dilakukan, sebagai landasan pelaksanaan kebijakan pembangunan di tingkat desa, terutama Desa Kalangan Prao.

Termasuk juga, untuk merencanakan pembangunan di Desa Kalangan Prao yang tepat sasaran dan berdaya guna. Serta, bisa memberdayakan komunitas di desa Kalangan Prao secara terarah.

Hal itu diungkap langsung oleh Pj Kepala Desa (Kades) Kalangan Prao Zainal Abidin, Kamis (14/12/23).

Dia mengatakan, tujuannya Musdes RKPDes Kalangan Prao itu digelar, untuk memastikan bahwa setiap program dan proyek pembangunan yang diusulkan dan direncanakan dapat mencapai tujuan yang tepat sasaran.

“Hal ini, melibatkan analisis mendalam terhadap kebutuhan masyarakat dan penyesuaian rencana agar sesuai dengan konteks lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut Zainal Abidin menguraikan, bahwa Musdes RKPDes itu, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kalangan Prao secara menyeluruh. Tentunya, melalui menetapkan prioritas pembangunan yang melibatkan berbagai sektor. Masing-masing sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur.

“Kami sangat berharap, RKPDes ini bisa menciptakan kondisi yang mendukung peningkatan kualitas hidup warga Kalangan Prao,” harapnya.

Ditambahkan, RKPDes ini juga mendorong partisipasi masyarakat yang aktif, Optimalisasi pembangunan Sumber Daya Alam (SDM), Pemberdayaan Kelompok Masyarakat (Pokmas), Peningkatan Infrastuktur dan layanan publik, dan Konsolidasi Perencanaan dengan RPJMDes.

“Melalui tujuan-tujuan yang disebutkan, RKPDes menjadi instrumen yang sangat vital dalam menjembatani visi pembangunan Desa Kalangan Prao dengan aksi konkret. Sehingga bisa melaksanakan pembangunan yang terarah dan memberdayakan komunitas,” tandasnya.