Polri

Guna Tingkatkan Etika, SMA Yayasan Bintang Laut Teluk Dalam Didatangi Aparat

394
×

Guna Tingkatkan Etika, SMA Yayasan Bintang Laut Teluk Dalam Didatangi Aparat

Sebarkan artikel ini

NIAS SELATAN, LIPUTAN7.ID – Kasat Lantas Polres Nias Selatan melaksanakan kegiatan Police Goes To School dengan mengajak siswa-siswi SMA Yayasan Bintang Laut, Teluk dalam, Nias Selatan, Sumut, guna melakukan peningkatan etika dan pemahaman tata tertib berlalu lintas Jumat, (24/11/23).

Hal ini bertujuan untuk mendukung kegiatan program kapolri presisi serta menunjang kegiatan personil Polres Nias Selatan di lapangan.

Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, melalui Kasat Lantas AKP Agus Entimansyah menjelaskan, bahwa kegiatan Police Goes To School ini untuk membekali pengetahuan lalu lintas kepada siswa-siswi SMA Yayasan Bintang Laut tentang tata cara berlalu lintas yang baik dan benar.

“Dengan adanya sosialisasi bisa menumbuhkan pengertian dan kesadaran pelajar untuk disiplin dan tertib berlalu lintas sejak dini dalam rangka Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Nias Selatan,” jelas Agus.

Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya di sekolah lainnya oleh Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Nias Selatan bahwa police goes to school ini bermaksud melaksanakan program kegiatan pendidikan lalu lintas kepada pelajar melalui metode sosialisasi, ceramah, seminar dan metode lainnya.

Program police goes to school bisa dilakukan dengan pendekatan seperti penyampaian pendidikan lalu lintas tentang peraturan lalu lintas yang baik dan benar, kebijakan pemerintah atau Polri dan informasi yang sedang berkembang dengan menggunakan saluran (media) komunikasi tertentu.

Adapun materi yang disampaikan Kasat Lantas adalah berupa peraturan umum dalam berlalu lintas sesuai pasal 105.

“Agar Setiap pengguna jalan wajib berprilaku tertib guna mencegah hal-hal yg dapat menghalangi, merintangi dan membahayakan keselamatan Lalulintas dan angkutan jalan yang merujuk pada pasal 106 tentang kewajiban pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor, antara lain harus konsentrasi saat berkendara, mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda, mematuhi ketentuan teknis kelayakan kendaraan bermotor, mematuhi rambu lalulintas dan marka jalan,” jelasnya.

Bagi yang sudah kelas 3 SMA umurnya sudah 17 tahun agar mengurus SIM, yang bawa kendaraan agar tidak menggunakan kenalpot blong, jangan melawan uas jalan, mengunakan helm SNI.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, bisa menumbuhkan rasa untuk menciptakan Nias Selatan khususnya kota teluk dalam yang tertib dalam berlalu lintas,” paparnya.

Polres Nias Selatan melalui Satlantas akan terus mensosialisasikan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan kepada seluruh masyarakat demi mencegah terjadinya kecelakaan di wilayah hukum Polres Nias Selatan.