Daerah

Harga Pakan Ikan Pabrikan Mahal, Diskan Sampang Ngaku Sudah Bersiasat

10608
×

Harga Pakan Ikan Pabrikan Mahal, Diskan Sampang Ngaku Sudah Bersiasat

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Selama tahun 2023 lalu, Pembudidaya ikan di Sampang banyak mengeluh dan kebergantungan pada pakan ikan pabrikan. Pasalnya, pakan ikan pabrikan ini relatif mahal, sementara harga ikan masih standar, sehingga hal itu mengurangi keuntungan pembudidaya ikan di Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim).

Hal itu diungkap oleh Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Sampang melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya Moh Mahfud, Selasa 9 Januari 2024.

Dia membeberkan, persoalan pakan ikan menjadi kendala utama bagi pembudidaya ikan di Sampang. Adapun konsentrat atau pakan ikan pabrikan itu tergolong mahal. Sedangkan harga jual ikan seperti ikan lele masih standar.

“Jadi itu mempengaruhi atau mengurangi keuntungan pembudidaya kami,” singkapnya.

Mahfud mengaku sudah melakukan penyiasatan terhadap pakan ikan yang dikeluhkan pembudidaya itu. Yakni, pihaknya melatih pembudidaya ikan di Sampang melalui mendatangkan pemantik dari Provinsi Jatim.

“Dalam pelatihan itu, kami datangkan pemantik dari provinsi beserta alat sederhana untuk mengolah tepung pupuk, tepung ikan, dan vitamin,” timpalnya.

Belakangan ini, kata dia, sebagian besar pembudidaya ikan di Sampang faham terkait membuat pakan ikan alternatif. “Pakan ikan olahan mandiri ini, termasuk siasat untuk menanggulangi mahalnya pakan ikan pabrikan,” tandasnya.