Daerah

Hari Bakti PUPR 2023, Dinas PUTR OKU Timur Bakal Tuntaskan Proyek Strategis

176
×

Hari Bakti PUPR 2023, Dinas PUTR OKU Timur Bakal Tuntaskan Proyek Strategis

Sebarkan artikel ini

OGAN ILIR, LIPUTAN7.ID – Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan normalisasi sungai di Kabupaten OKU Timur merupakan program unggulan yang merupakan visi pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati Lanosin.

Salam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sebagai urat nadi perekonomian dalam memantapkan perekonomian masyarakat sudah dimulai sejak Februari 2021 melalui Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur.

Pada tahun 2021, dari 141 unit jembatan yang ada di Kabupaten OKU Timur, sebanyak 120 unit jembatan dalam kondisi mantap (baik dan sedang). Perbaikan jembatan terus digenjot agar akses produksi pertanian maupun perkebunan berjalan lancar untuk meningkatkan perekonomian daerah, hingga pada tahun 2022, kondisi jembatan dalam kondis baik sebanyak 135 unit.

Begitupun juga pembangunan infrastruktur jalan, sangat masif dan konsisten di era kepemimpinan Bupati OKU Timur Lanosin bertujuan untuk meningkatkan konektivitas (jalan desa – hingga Provinsi) serta sebagai penunjang aktivitas ekonomi. Hingga saat ini, dari 932,57 km jalan kabupaten, total jalan yang sudah dibangun dalam kondisi baik sepanjang 736,73 km atau 79 persen. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur juga sangat tinggi.

Kabupaten OKU Timur menjadi salah satu daerah di Indonesia yang surplus pangan. Karena banyaknya dukungan infrastruktur yang dibangun PUPR. Bahkan, tingkat Kamtibmas sangat tinggi, dikarenakan salah satunya faktor infrastruktur jalan yang baik.

Dalam memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum tahun 2023 dengan tema ’78 Tahun Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri’ merupakan momentum  setiap Insan PUPR untuk selalu membangun infrastruktur yang berkualitas baik, berestetika tinggi, dan ramah lingkungan untuk keberlanjutan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur,  Aldi Gurlanda disela sela Upacara Hari Bakti PUPR ke 78 di Halaman Kantor Dinas PUTR, Minggu (3/12/2023).

“Kita menerobos berbagai halangan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas dan terus melayani masyarakat dengan infrastruktur yang kita bangun dan pelihara dengan kekompakan dan kesolidan. Upaya membangun kepercayaan tersebut tidak lahir dari upaya sesaat, tetapi merupakan buah dari kerjakeras dan upaya perbaikan terus menerus,” ucapnya.

Tuntaskan Proyek Strategis

Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, normalisasi, gedung yang merupakan proyek strategis kabupaten dan juga program kerja dari Bupati OKU Timur Lanosin akan segera di tuntaskan dan tindaklanjuti.

Proyek Strategis Kabupaten dapat mendukung perekonomian di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan. Dan dari faktor azas manfaat dapat dinikmati seluruh warga masyarakat Kabupaten OKU Timur dengan adanya pembangunan yg sampai ke pelosok desa.

Menurut Aldi, Pembangunan infrastruktur tidak akan bisa dilakukan sendiri oleh PUTR, perlu sinergi dengan pemerintah propinsi, kementerian dan balai balainya.

“Kita selalu koordinasi dengan kementrian dan balai besar jalan atau pun balai besar sungai terkait conecting pekerjaan dan sinergitas, di tahun ini ada kegiatan dari kementrian PUPR di kabupaten seperti jalan, jembatan gantung, air minum,” jelasnya.

Dikatakan Aldi, Bupati OKU Timur  berpesan agar pembangunan infrastruktur dilaksanakan sesuai visi dan misi untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia.

Dalam konteks mewujudkan visi misi dari Bupati OKU Timur, Dinas PUTR memilikiperan yang sangat vital dan strategis. Misalnya, untuk sektor kesehatan, PUTR mendukung pembangunan fasilitas air bersih dan pengelolaan limbah.

“Untuk air bersih, kita mendapat hibah air minum perdesaan yg letaknya di PUTR, hibah air minum perkotaan di PDAM. Untuk IPLT limbah tinja sudah diusulkan ke kementerian semoga di tahun depan kita terverifikasi,” paparnya.