Daerah

Hari Disabilitas Internasional di Jepara Dibuka PJ Bupati Dimeriahkan UMKM Disabilitas

529
×

Hari Disabilitas Internasional di Jepara Dibuka PJ Bupati Dimeriahkan UMKM Disabilitas

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 di Jepara berlangsung dengan berbagai penampilan dari disabilitas di Kota Jepara. Ada pula pameran produk-produk UMKM dari rekan-rekan disabilitas.

Tampak hadir dalam peringatan ini Pj Bupati Jepara H Edy Supriyanta beserta Forkopimda Jepara, Kepala OPD terkait, Ketua PMI Jepara, Ketua Baznas Jepara, Pimpinan Bank Jateng Cab Jepara, Direktur PLTU Tanjung Jati B Jepara, Kepala BUMN PLN Jepara, Kepala RPSDM Waluyo Utomo Jepara, Kepala SLB Negeri Jepara, Ketua Forum Komunikasi Organisasi Disabilitas Jepara, Ketua Ampera Jepara.

Penjabat Bupati Kabupaten Jepara H Edy Supriyanta membuka peringatan Hari Disabilitas Internasional yang di selenggarakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Jepara, di Alun-alun Jepara, Minggu (3/12/2023) pagi.

“Selamat Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 kepada seluruh teman-teman disabilitas. Saya mengapresiasi tekad dan perjuangan teman-teman yang begitu hebat.

Teman-teman memiliki keistimewaan sekaligus talenta yang luar biasa sehingga menghasilkan karya yang keren dan bernilai ekonomi,” ungkap Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta.

H Edy Supriyanta menyebutkan Pemkab Jepara selalu mendukung teman-teman disabilitas. Dari saran-saran yang masuk Pemkab Jepara mengupayakan untuk semakin responsif terhadap kebutuhan kemudahan akses bagi para disabilitas.

Seperti tema peringatan HDI tahun ini Pemkab Jepara berkomitmen menjadikan Kota Jepara ramah disabilitas.

“Secara berkala Pemkab Jepara juga menyediakan pendampingan, pelatihan, dan bantuan modal. Hal itu untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usaha teman-teman. Sehingga teman-teman disabilitas juga ikut andil dalam menaikkan pertumbuhan ekonomi di Kota Jepara,” terangnya.

Pj Bupati Jepara juga mengajak seluruh pihak di Jepara untuk bersinergi melebur sekat-sekat penghambat ruang gerak teman-teman disabilitas.

Kolaborasi harus dilakukan untuk membangun iklim ramah disabilitas. Semua pihak harus memberikan kesempatan seluas-luasnya seperti ketersediaan lapangan kerja, dan peluang usaha bagi teman-teman disabilitas.

Hal ini sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan yang maju adalah yang melibatkan dan juga memberi akses bagi seluruh rakyat tanpa kecuali.

“Ada undang-undang disabilitas di sana mensyaratkan pemerintah pusat, daerah, BUMN, BUMD dan Swasta memberikan kesempatan untuk teman-teman disabilitas.

Itu harus kita penuhi sepanjang teman-teman disabilitas bisa melakukan pekerjaan yang kita berikan sesuai kedisabilitasannya.

Saya harap melalui acara ini semakin membangkitkan semangat kesetaraan dan kepedulian pada disabilitas di Kota Jepara,” pungkasnya.

Peran dan Upaya Dinsospermasdes dalam membantu Disabilitas Jepara selama Tahun 2023 yaitu Pemberian bantuan alat bantu berupa :

1 Kursi Roda : 186 unit
2 Kursi Roda Adaptif : 4 unit
3 Walker : 20 walker
4 Kruk : 24 Kruk
5 Tongkat kaki 3 : 10 unit
6 Alat Bantu Dengar : 2 pasang Pemberian Permakanan bagi Disabilitas : 176 paket (Rp. 33.440.000)

7 Pemberian bantuan Modal Usaha Penyandang Disabilitas sebanyak 233 orang 1.000.000 (Rp.233.000.000)

Dan masih ada Bantuan Bimbingan fisk berupa Pelatihan-pelatihan dan alat penunjang, Anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Jepara Tahun 2023.