Politik

Jelang Pemilu 2024, Bacapres Anies Baswedan Kembali Kunjungi Pondok Pesantren Al Ihsan Sampang

344
×

Jelang Pemilu 2024, Bacapres Anies Baswedan Kembali Kunjungi Pondok Pesantren Al Ihsan Sampang

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Kesuksesan bacapres Anies Baswedan pada Pilgub DKI 2017 lalu ternyata tidak bisa dipisahkan dari peran dan doa ulama yang ada di Madura.

Salahsatu Ulama’ tersebut yakni dari Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan Sampang, KH Mahrus Malik. Hal tersebut diceritakan Bacapres Anies saat kembali melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Ihsan, Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Sabtu, (9/9/2023).

Selain itu, kunjungan Anies berharap agar kesuksesannya pada Pilgub DKI 2017 lalu bisa terulang kembali pada Pilpres 2024. Pihaknya juga mengharapkan doa serta dukungan oleh KH Mahrus Malik dan para kyai di Madura agar kembali dilakukan.

“Saya pernah kesini pada tahun 2017, pada saat di Jakarta ada perjuangan, dan Madura tidak tinggal diam. Sebab, Madura mengirim santri-santrinya ke Jakarta, yangmana sekitar 162 kyai menandatangi pernyataan dukungan,” ungkap Anies di hadapan ribuan warga yang memadati halaman Pesantren Al Ihsan.

Menurut Anies, tantangan yang dihadapinya saat Pilpres 2024 tentu lebih berat dibandingkan dengan Pilgub DKI 2017. Namun, semua tantangan selalu takluk oleh doa para kyai. Dirinya juga merasakan sendiri dahsyatnya doa kyai dengan hadirnya berbagai jalan keluar setelah sebelumnya dihimpit masalah.

“Bahkan kemarin saat Koalisi Perubahan dan Persatuan mengalami kebuntuan (karena Demokrat keluar), datanglah PKB menyelesaikan kebuntuan,” jelas Bacapres Anies.

Saat ini, lanjut Anies, ujian dan tantangan yang dihadapinya menjelang Pilpres 2024 bukan karena ada masalah serius yang dilakukannya. Melainkan karena opini sesat dan prasangka buruk yang dilayangkan pihak-pihak tertentu kepadanya.

“Kami di Jakarta banyak masalah yang sebenarnya bukan karena masalahnya tapi karena banyak prasangka. Dan InsyaAllah niat baik yang dikerjakan dengan orang-orang baik akan, kedepannya akan dibukakan pintu-pintu kebaikan juga,” tuturnya.

Diakhir sambutannya dihadapan warga yang menghadiri Haul Akbar XXVIII KH Abdul Malik Baidhawi itu, Bacapres Anies lalu membacakan shalawat asyghil yang biasa dibacakan di berbagai kesempatan. Lalu, Sang Penggagas program Indonesia Mengajar itu meminta semua hadirin untuk mengikutinya agar sama-sama terhindar dari niat dan tingkah buruk orang-orang dzolim.

“Kita juga doakan Kyai Mahrus selalu sehat. Kita doakan Indonesia yang lebih adil,” harap Anies.

Untuk diketahui, sebagai bentuk dukungan dan doa untuk Anies, KH Mahrus Malik memberikan sorban miliknya dengan cara mengalungkannya kepada Anies. Dan sekaligus menegaskan dukungannya yang disambut pekikan takbir oleh para hadirin.

“Insya Allah pada Pilpres 2024 nanti kita satu hati untuk Pak Anies Baswedan,” tegas KH Mahrus Malik.