Daerah

Jenderal Agus Subiyanto Resmi Jadi Panglima TNI

271
×

Jenderal Agus Subiyanto Resmi Jadi Panglima TNI

Sebarkan artikel ini
Jenderal Agus Subiyanto resmi sebagai Panglima TNI menjelang pelaksanaan Pilpres 2024.
Jenderal Agus Subiyanto resmi sebagai Panglima TNI menjelang pelaksanaan Pilpres 2024.

JAKARTA, LIPUTAN7.ID – Jenderal Agus Subiyanto resmi sebagai Panglima TNI menjelang pelaksanaan Pilpres 2024.

Pelantikan panglima TNI dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. Jokowi memimpin pengambilan sumpah dalam pelantikan Agus Subiyanto.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus mengucapkan sumpah jabatan mengikuti yang didiktekan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11).

Agus Subiyanto meninggalkan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan masuk masa pensiun pada November ini.

Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Keppres Nomor 102/TNI Tahun 2023. Keppres itu juga mengatur pemberhentian dan ucapan terima kasih atas bakti Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Pelantikan dilanjutkan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta jabatan. Lalu dilanjutkan penyerahan tongkat komando panglima TNI kepada Agus Subiyanto.

Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI menjelang Pilpres 2024. Ia hanya dalam waktu kurang dari sebulan untuk lompat dari jenderal bintang tiga hingga menjadi pucuk pimpinan TNI.

Pada 27 Oktober lalu, ia baru saja dilantik Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Tak sampai seminggu, Jokowi mengusulkan nama Agus sebagai calon tunggal panglima TNI kepada DPR.

Agus adalah lulusan Akademi Militer 1991 yang punya rekam jejak dekat dengan Jokowi. Dia pernah menduduki jabatan Komandan Kodim 0735/Surakarta saat Jokowi masih menjadi Walikota Solo.

Dia juga pernah bertugas mengamankan Istana Bogor di masa kepresidenan Jokowi ini. Kala itu, Agus menjabat Danrem 061/Suryakencana (Bogor).

Agus juga pernah memimpin Paspampres pada periode kedua pemerintahan Jokowi. Ia menjadi Komandan Paspampres pada 2020-2021.