Daerah

Kepala Kantor Kemenag Tuban Buka Praktek Manasik Haji LPI Yayasan Bina Insan Kamil Tuban

105
×

Kepala Kantor Kemenag Tuban Buka Praktek Manasik Haji LPI Yayasan Bina Insan Kamil Tuban

Sebarkan artikel ini

TUBAN,LIPUTAN7.ID – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Hj. Umi Kulsum memberikan sambutan pembinaan sekaligus membuka acara Praktek Manasik Haji yang diselenggarakan oleh LPI Yayasan Bina Insan Kamil.

Acara yang berlangsung di Graha Sandiya SIG ini diikuti oleh 1.324 siswa dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Madrasah Aliyah (MA). Selasa (11/6/2024).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Hj. Umi Kulsum menyampaikan pentingnya pendidikan dini mengenai Ibadah Haji bagi para Siswa.

“Manasik Haji ini bukan hanya kegiatan rutin, tetapi juga merupakan sarana penting untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan pemahaman tentang Ibadah Haji sejak dini,” ujar Hj. Umi Kulsum.

Hj. Umi Kulsum juga mengapresiasi LPI Yayasan Bina Insan Kamil atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat memberikan pengalaman berharga bagi para Siswa, sehingga mereka memahami makna dan tata cara pelaksanaan Ibadah Haji dengan baik,” tambah Hj. Umi Kulsum.

Acara Praktek Manasik Haji ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para Siswa tentang berbagai tahapan dalam pelaksanaan ibadah Haji, seperti Thawaf, Sa’i, Wukuf di Arafah, dan melempar Jumrah.

Dengan bimbingan dari para Guru dan Pembimbing, para Siswa dapat belajar secara langsung mengenai tata cara ibadah Haji dalam suasana yang menyerupai pelaksanaan Haji sebenarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat keagamaan dan memperkuat karakter religius para Siswa, sekaligus meningkatkan pengetahuan mereka tentang rukun Islam yang kelima.

Dengan praktek manasik Haji ini, para Siswa diharapkan tidak hanya memahami prosedur ibadah Haji, tetapi juga memahami nilai-nilai spiritual dan moral yang terkandung dalam pelaksanaan ibadah tersebut.

Hj. Umi Kulsum menutup sambutannya dengan mengajak seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan penuh semangat.

“Mari kita jadikan kegiatan Manasik Haji ini sebagai momentum untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT,” pungkas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Hj. Umi Kulsum.

Acara ini mendapat respon positif dari para siswa dan orang tua yang hadir. Mereka menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari pendidikan agama yang komprehensif dan berkelanjutan.