Daerah

KIP Aceh Utara Gelar Simulasi Pemungutan Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

518
×

KIP Aceh Utara Gelar Simulasi Pemungutan Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

ACEH UTARA, LIPUTAN7.ID – Guna mempersiapkan dan menguji pelaksanaan tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara, serta Rekapitulasi yang menggunakan aplikasi Sirekap dalam Pemilu 2024, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut direncanakan di gelar pada halaman Kantor KIP setempat, namun akibat diguyur hujan lebat dari pagi sampai sore hari, maka kegiatan tersebut dilaksanakan dalam Aula Kantor KIP Aceh Utara, Gampong Alue Mudem, Kecamatan Lhoksukon. Simulasi ini dilakukan secara “Real’ seperti pada Pemilu 2024 nantinya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua KIP Aceh Utara Hidayatul Akbar melalui Anggota KIP Aceh Utara Divisi Teknis Penyelenggara Muhammad Usman selaku pembimbing kegiatan tersebut saat ditemui pada kegiatan simulasi, Minggu,(24/12/2023).

Muhammad Usman menjelaskan, bahwa simulasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada penyelenggara tingkat Kecamatan maupun penyelenggara Pemilu di tingkat Desa, sehingga nantinya dapat menjadi acuan tentang pemungutan dan penghitungan suara sesuai Peraturan KPU (PKPU).

“Simulasi ini kita lakukan senyatanya atau real agar dalam Pemilu nanti dapat digunakan sebagai pedoman Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selain itu juga sebagai uji coba kesiapan mereka. Kita buatkan videonya untuk nantinya kita akan sosialisasikan dalam bentuk Bimtek kepada KPPS setiap desa jika sudah dibentuk dan dilantik,” ucap Muhammad Usman.

Adapun yang bertindak sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada simulasi ini adalah Nanda Riski (KPPS 1), Ibnu Sabil (KPPS 2), M. Nasir Ali (KPPS 3), Muhammad Yazid (KPPS 4), Asmaul Husna (KPPS 5), Sinta (KPPS 6), dan Ira Fiona (KPPS 7). Mereka semua merupakan penyelenggara pemilu tingkat Kecamatan dan Tingkat Desa dalam kecamatan Lhoksukon.

Dalam hal ini, Ibnu Sabil (KPPS 2) yang juga Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Lhoksukon, mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam hal untuk mensukseskan Simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024.

“Kami berterimakasih telah mendapat kehormatan oleh KPU sebagai Anggota KPPS dalam Simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024, sehingga dengan ini kami, sangat senang dan bisa menambahkan ilmu pengetahuan untuk melaksanakan Pemungutan Suara, artinya kami bisa mensosialisasikan kepada penyelenggara tingkat Desa dalam wilayah kecamatan kami nanti, dengan harapan semoga Pemilu 2024 berjalan lancar dan sukses,”pungkasnya.

Turut hadir dalam simulasi tersebut Panwaslu Kabupaten Aceh Utara, Para Komisioner KIP Aceh Utara, Ketua dan anggota PPK Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara. (Ibnu Sabil)