Daerah

KIP Kunjungi Nagari III Koto Aur Malintang, Tahapan Evaluasi Anugerah Keterbukaan Publik tahun 2023

141
×

KIP Kunjungi Nagari III Koto Aur Malintang, Tahapan Evaluasi Anugerah Keterbukaan Publik tahun 2023

Sebarkan artikel ini

PADANG PARIAMAN, LIPUTAN7.ID – Komisi Informasi Pusat (KIP) lakukan kunjungan visitasi ke Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat, pada Sabtu (11/11).

Kunjungan Visitasi ini merupakan salah satu tahapan evaluasi dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik Desa tahun 2023 yang digelar KI pusat.

Tim Visitasi yang diketuai oleh Gede Narayana tersebut disambut langsung oleh PLh. Sekretaris Daerah Padang Pariaman Zahirman, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hendri Satria beserta Jajarannya, Camat IV Koto Aurmalintang, Massarudin, Wali Nagari beserta Perangkat Nagari, Wali Korong, Bamus, Tenaga Pendamping Desa.

Dalam arahannya, Zahirman menyampaikan selamat datang kepada tim penilai beserta rombongan di Padang Pariaman, khususnya di Nagari III Koto Aurmalintang.

Zahirman menyampaikan bahwa sebagai Badan Publik Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terus berkomitmen untuk menjalankan Amanah UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kertebukaan Informasi bagi pemerintah Kabupaten Padang Pariaman merupakan sebuah keniscayaan dan kewajiban sebagai Badan Publik” Ujar zahirman.

Sebagai salah satu wujud komitmen tersebut tidak cukup hanya melalui PPID Padang Pariaman, Keterbukaan Informasi ini juga menyasar PPID Nagari/desa, salah satunya Nagari III Koto Aur Malintang ini, disamping sebagai Nagari Informatif, Nagari dengan keterbukaan Informasi Publik terbaik berturut turut, juga merupakan Nagari Digital, Nagari Statistik, dan Lainnya.” ungkap Zahirman.

Terakhir Zahirman berharap Nagari III Koto Aur Malintang dapat menjadi yang terbaik dan meraih juara.

Sementara itu ketua Tim visitasi Gede Narayana Menyampaikan Dari 34 Provinsi dan dari ratusan desa yang kita verifikasi, maka untuk provinsi Sumatera Barat terpilih 2 ( dua) desa/nagari yang masuk nominasi untuk tingkat Nasional, Nagari III Koto Aur malintang salah satunya.

Dia mengatakan, kedatangan mereka untuk melakukan pendalaman dan klarifikasi terhadap materi kualitas ketersediaan informasi dan layanan informasi publik yang telah disampaikan sebelumnya.

“Kehadiran kita pada visitasi ini adalah untuk melakukan pendalaman. Kita sudah punya data 60 persen keterbukaan informasi di Nagari ini, dan 40 persen lagi kita mau lihat evidentnya sekarang,” terangnya.

Sementara itu Penjabat Wali Nagari III Koto Aur Malintang Mitra Susanto, merasa bersyukur Nagari Yang dipimpinnya masuk dalam nominasi 10 besar Nagari/Desa dengan keterbukaan informasi Publik terbaik. Dia berharap, Nagari nya dapat mengungguli desa yang lain dan bisa menjadi terbaik 1 Tingkat Nasional.

Ia turut berterimakasih kepada semua pihak yang telah membimbing dan memberikan arahan agar terus menjadi Nagari Informatif dengan keterbukaan Informasi terbaik.

“Terimakasih kepada Bapak Bupati, Kepala Dinas Kominfo, KI Sumbar, dan semua Pihak terkait yang terlibat langsung atas pencapaian Nagari III Koto Aur Malintang terkhusus kepada Tim PPID Nagari ” Sebut Mitra.

Diketahui Tim Visitasi tersebut terdiri dari ketua Tim Gede Narayana Komisioner KI Pusat, Dr.Afrizal Tjoetra akademisi dari Universitas Islam Teuku Umar Aceh , Yunes Herawati, Annisa Kusuma Wardhani, Nauli Dari Bappenas, Tim Pendamping, dan Tim pendukung dari KI Pusat, Ikut hadir mendampingi Tim Visitasi, Komisioner KI Sumbar Arief Yumardi, Adrian Tuswandi, juga hadir Sekretaris DPMD Provisi Sumbar Amriman.