Pemerintah

KUPP Jepara Verifikasi Lapangan dan Bahas Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Tersus PLTU TJB

274
×

KUPP Jepara Verifikasi Lapangan dan Bahas Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Tersus PLTU TJB

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Jepara Juwita Sandy Sari, SH, MM melaksanakan kegiatan peninjauan Lapangan Verifikasi dan pembahasan perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penggunaan Perairan Tersus PLTU TJB milik PT PLN (Persero) Unit Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara. Kamis (23/11/2023).

Kunjungan tersebut Kepala KUPP Kelas II Jepara Juwita Sandy Sari, juga melaksanakan verifikasi lapangan dalam rangka memenuhi persyaratan penanggulangan pencemaran di wilayah perairan Tersus milik PT PLN (Persero) UIK TJB.

KUPP Kelas II Jepara bersama KPLP Jenderal Perhubungan Laut melakukan kunjungan Verifikasi lapangan dalam rangka memenuhi persyaratan penanggulangan pencemaran untuk TERSUS milik PT PLN (Persero) UIK TJB Jepara pada Senin 20 hingga Rabu 22 November 2023.

Juwita kepada awak media liputan7 mengatakan, pelaksanaan Verifikasi lapangan sesuai dengan Permenhub No PM 58 tahun 2013 sebagaimana telah diubah pada PM No 39 tahun 2021 tentang pemenuhan persyaratan penanggulangan pencemaran terlebih dahulu dilakukan evaluasi dan verifikasi.

“Dalam Peraturan itu Pemerintah memberi Perlindungan Lingkungan Maritim dalam upaya untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan perairan yang bersumber dari kegiatan yang terkait dengan pelayaran,” kata Juwita.

Pencemaran lingkungan dewasa ini menjadi isu yang sangat hangat
terutama pencemaran lingkungan maritim. Sumber pencemaran laut
disebabkan diantaranya adalah karena aktifitas kapal, tumpahan minyak dari kegiatan perkapalan itu sendiri di area wilayah Tersus.

“Tumpahan yang diakibatkan oleh operasional kapal di pelabuhan diakibatkan adanya aktivitas rutin seperti halnya pembuangan sisa hasil pencucian tangki, pembuangan got, pembuangan air balas dan tumpahan ketika saat bongkar batu bara,” papar Juwita.

Permenhub No 58 tahun 2013 mengamanahkan bahwa Otoritas Pelabuhan, Unit Penyelenggaraan
Pelabuhan, Tersus, serta kapal wajib menyediakan fasilitas penampungan limbah dan juga alat pencegahan dan penanganan pencemaran
lingkungan.

Hal tersebut menjadi agenda yang harus dilakukan oleh pihak Unit Penyelenggara
Pelabuhan, terkait dengan tingkat pemenuhan upaya pencegahan pencemaran perairan di lingkungan Tersus PLTU TJB Jepara.

TERSUS atau Terminal Khusus telah diatur Pemerintah dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan, merupakan terminal yang terletak di luar lingkungan kerja dan daerah lingkungan kepentingan pelabuhan yang merupakan bagian dari pelabuhan terdekat yang berfungsi untuk melayani kepentingan sendiri sesuai dengan usaha pokoknya.