Sorot

Kwalitas Pembangunan Penanganan Long Segment Jalan Hilifanikha Dinilai Mengkhawatirkan

437
×

Kwalitas Pembangunan Penanganan Long Segment Jalan Hilifanikha Dinilai Mengkhawatirkan

Sebarkan artikel ini

NIAS SELATAN, LIPUTAN7.ID – Pembangunan penanganan Long Segment (pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, peningkatan rekonstruksi) jalan Hilifanikha mulai dari kecamatan Lolowau menuju kecamatan Hilisalawa Ahe, kabupaten Nias Selatan, Sumut, yang dilaksanakan oleh PT. Multi Pilar Indah Jaya dan diawasi oleh CV. Polo Consultant, dengan jumlah pagu dana Rp20 Miliar lebih diduga kwalitas fisik dan teknis pengerjaan bangunan sangat tidak kokoh dan rawan akan kerusakan.

Diketahui, proyek tersebut masuk dalam pendampingan hukum kejaksaan negeri Nias Selatan dan probity audit inspektorat kabupaten Nias Selatan yang sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sesuai papan proyek.

Menurut keterangan dari beberapa narasumber yakni para tokoh masyarakat yang namanya enggan disebutkan, bahwa jalan tersebut akan dilakukan pengaspalan Hotmix.

“Masih tahap awal saja sudah terdapat sejumlah titik bangunan parit beton dan tembok penahan tanah (TPT) ambruk atau rusak, hal ini diduga pengaruh faktor pengawasan kurang maksimal maupun teknis pelaksanaan yang asal-asalan,”

“Pasalnya, dikhawatirkan kualitas fisik maupun teknis pengerjaan bangunan diduga sangat tidak kokoh dan gampang rusak,” ungkapnya, Kamis (16/11/2022).

Sementara menurut inisial AG menyampaikan, bahwa apapun keadaan di lapangan merupakan tanggung jawab perusahaan.

“Yang lebih paham akan kualitas maupun kuantitas bangunan ialah pihak pelaksana kerja ataupun pihak consultant. Segala sesuatu mengenai teknis dan pengelolaan bahkan kondisi atau keadaan di lapangan merupakan tanggung jawab pihak PUPR terutama PT dan CV yang melaksanakan pembangunan,”

“Masyarakat hanya tinggal menerima apa adanya saja tanpa melakukan protes ini dan itu. Semoga dengan hadirnya awak media dapat mengungkap fakta terkait pekerjaan ini guna adanya perbaikan dan efek jera para oknum,” tandasnya.