TNI

Lanal Semarang Gelar Upacara Peringatan HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023

202
×

Lanal Semarang Gelar Upacara Peringatan HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

SEMARANG,LIPUTAN7.ID – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang dengan Komandan Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M., gelar Upacara peringatan HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023.

Dengan mengusung tema ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe terus Melaju untuk Indonesia Maju” yang bertempat dilapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal Semarang Jalan Arteri R.E Martadinata No. 12 Tawangsari Semarang Jawa Tengah. Senin (11/9/2023).

Sebagai Inspektur upacara Pasprogar Mayor Laut (S/W) Marin Ekawati, Komandan Upacara Kaurlid Sintel Lanal Semarang Kapten Laut (T) Heri Wahyudi, dengan pasukan upacara antara lain 1 Regu Pamen, 1 Ton Pama, 1 Ton Bintara, 1 Ton Tamtama, dan 1 Ton Pegawai Negeri Sipil Lanal Semarang.

Dalam upacara tersebut Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali antar lain Selama 78 tahun.

TNI AL telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan di seluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran Internasional.

Dalam pengabdiannya, TNI AL telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. Dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di dalam dan luar negeri. Pada level regional, TNI AL memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan.

Selain itu, kontribusi nyata TNI AL dalam Misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia internasional.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan, “terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil serta keluarga besar TNI AL, atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas dan dukungan yang telah kalian persembahkan selama ini”.

Sebagai generasi penerus TNI AL maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian dalam meneruskan, mempertahankan, dan meningkatkan tradisi kejayaan TNI AL sebagai mana telah dicontohkan oleh para pendahulu kita.

Saat ini situasi dunia berubah sangat cepat dan dinamis. Setelah pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial.

Di sisi lain, kita juga dihadapkan dengan situasi krisis keamanan di kawasan regional, fenomena munculnya aliansi militer baru yang diiringi dengan perlombaan teknologi persenjataan, serta dampak perang rusia-ukraina yang semakin mengkhawatirkan.

Perkembangan lingkungan strategis tersebut tidak hanya berdampak pada stabilitas politik dan keamanan global namun juga turut mempengaruhi stabilitas perekonomian dunia saat ini.

Guna menghadapi situasi tersebut, TNI AL sebagai bagian tidak terpisahkan dari TNI harus senantiasa tanggap dalam menghadapi berbagai macam spektrum ancaman maupun tantangan yang ada.

TNI AL harus selalu siap menjadi garda terdepan dalam menghadapi beragam krisis yang mengancam kepentingan dan keselamatan bangsa.

Harus terus bersinergi dengan komponen bangsa lainnya dalam melindungi seluruh kepentingan nasional, menyukseskan pembangunan bangsa dan berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Setiap Prajurit TNI AL harus selalu adaptif terhadap perubahan, dan senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru.

Namun, perlu kita pahami bersama bahwa upaya untuk mewujudkan profesionalisme prajurit tidak akan bisa berjalan dengan optimal tanpa diiringi dengan peningkatan kesejahteraan yang baik.

Pembangunan fasilitas dan peningkatan kualitas kesejahteraan prajurit di berbagai aspek seperti bidang pendidikan dan latihan, perumahan, fasilitas ibadah, sarana olahraga serta perkantoran, senantiasa harus terus dilakukan untuk menjamin seluruh prajurit dapat bekerja dengan moril tinggi dimana pun ditugaskan.

Tema hari jadi TNI AK kali ini adalah “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Komitmen tersebut tentunya perlu didukung oleh kekuatan TNI AL yang modern dengan daya pukul yang kuat, daya manuver yang handal dan daya gentar yang tinggi, serta memiliki jangkauan operasional dan kemampuan proyeksi kekuatan di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia.

Oleh karena itu, upaya nyata dalam mewujudkan TNI AL yang Profesional, Modern, dan Tangguh, merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan NKRI kalian harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanahkan kepada TNI AL.

Jaga selalu marwah dan kehormatan Prajurit Jalasena Samudera, dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan kalian dalam bertugas.

Jadilah Prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat. Ingatlah, menjadi Prajurit Jalasena Samudera merupakan “Panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan.”