Pemerintah

Libatkan Masyarakat Secara Aktif, Pemdes Kalangan Praoh Laksanakan Musdes RPJMDes

46
×

Libatkan Masyarakat Secara Aktif, Pemdes Kalangan Praoh Laksanakan Musdes RPJMDes

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Agar mengarah pada pembangunan desa menuju visi jangka menengah sebagai instrumen penting, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangan Prao, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur (Jatim) melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di Balai Desa yang terletak di Dusun Kalangan Praoh Daja/Utara, Sabtu 16 September 2023.

Terkait hal itu, Pj Kepala Desa (Kades) Kalangan Prao Zainal Abidin mengatakan, bahwa melalui penyusunan cermat yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat, RPJMDes menjadi peta jalan yang krusial. Demikian itu, guna merencanakan dan merealisasikan pembangunan berkelanjutan.

“RPJMDes juga bertujuan, untuk menetapkan visi-misi pembangunan desa. Hal itu pasti melibatkan Pemdes dan masyarakat. Karena demi jangka menengah yang mencerminkan kebutuhan dan aspirasi lokal,” ujarnya.

Dijelaskan Zainal Abidin, masyarakat Desa Kalangan Prao terlibat secara aktif dalam proses perencanaan penyusunan RPJMDes ini. Tentunya partisipasi ini bukan hanya formalitas saja. Tetapi termasuk kunci untuk memastikan kebutuhan dan prioritas rill Masyarakat.

“Seperti sekarang ini, masyarakat desa Kalangan Prao terlibat secara aktif dalan penyusunan RPJMDes,” ungkapnya.

Sementara tujuan lain RPJMDes, lebih lanjut Zainal Abidin menguraikan, guna menentukan prioritas pembangunan desa, melalui evaluasi terhadap kondisi eksisting dan potensi lokal. Serta agar bisa menekan angka stunting di desa Kalangan Prao dalam bidang kesehatan, dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama warga Kalangan Prao.

“Artinya, desa dapat mengindentifikasi sektor-sektor kunci yang memerlukan perhatian lebih, diantaranya pendidikan, kesehatan (Penekanan Stunting), infrastruktur, dan ekonomi lokal/meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalangan Prao,” imbuhnya.

Dia memaparkan, pada intinya penyusunan RPJMDes bukan hanya sebagai dokumentasi formal saja. Melainkan termasuk alat yang dapat membawa desa ke arah pembangunan yang terarah dan berkelanjutan.

“Maka dengan menggali tujuan strategis ini, desa dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah, inklusif, dan memberdayakan bagi semua warga Kalangan Prao,” tandasnya.

Sekedar diketahui, bahwa Musdes RPJMDes 2023 ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan, Kasi PMD, Aparatur Desa, Petugas dari Polsek dan Koramil Jrengik,Tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur lainnya.