Daerah

Mantan Kepala Desa Bawa Senpi Saat Pilkades di Bangkalan 

255
×

Mantan Kepala Desa Bawa Senpi Saat Pilkades di Bangkalan 

Sebarkan artikel ini
Pemilihan Kepala Desa Konang, Kecamatan Konang, di Bangkalan Jawa Timur, berlangsung ricuh. Polisi mengamankan sepucuk senjata api (senpi) dari mantan Kades, Kamis (26/10/2023).
Pemilihan Kepala Desa Konang, Kecamatan Konang, di Bangkalan Jawa Timur, berlangsung ricuh. Polisi mengamankan sepucuk senjata api (senpi) dari mantan Kades, Kamis (26/10/2023).

BANGKALAN, LIPUTAN7.ID – Pemilihan Kepala Desa Konang, Kecamatan Konang, di Bangkalan Jawa Timur, berlangsung ricuh. Polisi mengamankan sepucuk senjata api (senpi) dari mantan Kepala Desa, Kamis (26/10/2023).

Kericuhan terjadi dipicu aksi mantan Kepala Desa (Kades) yang membawa senjata api (senpi).

Mantan kades yang mengantongi senpi ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) saat Pilkades dilaksanakan telah diamankan pihak Kepolisian.

Pria yang mengantongi senpi ke TPS membuat Kapolres Bangkalan angkat bicara,  kejadian bermula saat petugas melakukan pemeriksaan warga yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilkades berlangsung. Ada pria yang kedapatan mengantongi senjata api saat pemeriksaan oleh petugas.

“Itu petugas melakukan pemeriksaan dan didapati seseorang membawa senjata api,” ucapnya Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, Rabu (25/10/2023).

Diketahui, Sebanyak 827 personel gabungan Polri disiagakan untuk pengamanan kegiatan Pilkades tahap 3 digelar pada Rabu (25/10/2023) di Desa Konang, Kecamatan Konang,

Menurut salah satu warga setempat yang melihat kejadian pengambilan senpi dari pria tersebut oleh petugas menjelaskan, pria pembawa senpi yang dibawa petugas merupakan mantan kades di Kecamatan Konang. Mantan kades itu sudah diamankan polisi bersama keponakannya.

“Tadi sempat tegang ketika di Desa Konang saat pemungutan suara, karena ada mantan kades inisial N bawa senpi. Lalu keponakannya berinisial A juga diamankan. Jadi keduanya tadi saya lihat dibawa oleh petugas,” jelasnya

Petugas kepolisian saat ini masih mendalami alasan pria membawa senpi saat Pilkades di Bangkalan., Pria yang belakang diketahui merupakan mantan kades di Kecamatan Konang itu tengah diperiksa di Polres Bangkalan.

“Sudah dibawa dan diamankan ke Polres. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Nanti hasilnya seperti apa akan kami sampaikan,” pungkasnya Kapolres Bangkalan.

Pemilihan Kepala Desa di Bangkalan itu sebanyak 14 desa tengah melaksanakan Pilkades tahap 3.

Febri Isman Jaya mengatakan pihaknya menetapkan seluruh desa yang melaksanakan pilkades sebagai zona merah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kesiagaan petugas.

“Semua kami anggap zona merah sehingga pengamanan kami lakukan dengan menempatkan petugas dengan jumlah yang banyak di semua tempat,” ujarnya.