Daerah

Memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke 59, Bupati Sampaikan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

292
×

Memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke 59, Bupati Sampaikan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul ,dr Dewy Irawaty, M. Kes., Rabu (15/11/2023), Saat Penyerahan Hadiah dan Piagam dalam rangka HKN ke 59.
Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul ,dr Dewy Irawaty, M. Kes., Rabu (15/11/2023), Saat Penyerahan Hadiah dan Piagam dalam rangka HKN ke 59.

GUNUNGKIDUL, LIPUTAN7.ID – Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 Tahun, dilaksanakan di Taman Budaya Gunungkidul (TBG), Rabu (15/11).

Acara dihadiri oleh semua Forkompimda dan semua dinas serta perwakilan dari puskesmas di Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul mengatakan perlunya kolaborasi dengan berbagai sektor dalam mewujudkan visi transformasi, kesehatan.

“Ada 6 pilar transformasi kesehatan itu, maka saya tekankan perlunya penanganan yang sifatnya menyeluruh terhadap isu kesehatan, dari pencegahan sampai penggunaan teknologi informasi,” tuturnya.

Seperti kasus penyakit menular HIV, AIDS dan TBC dengan teknologi informasi di bidang kesehatan merupakan kunci untuk mempercepat akses dan penanganan  sehingga tidak  menghantui masyarakat.

“Maka dari itu perlunya tindakan inovasi dalam upaya pencegahan dan penanganannya,” tegas Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty, M. Kes dalam sambutanya menyampaikan takjub dalam acara pagi ini adalah Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju dan merupakan landasan utama untuk menuju tindakan nyata guna menata kembali dengan memaksimalkan mutu pelayanan kesehatan pasca Pandemi Covid – 19 yang melanda Negeri kita.

Transformasi Kesehatan memiliki 6 pilar menjadi fokus utama, termasuk pelayanan kesehatan primer ketahanan kesehatan, pembiayaan dan transformasi teknologi informasi.Dengan upaya merestorasi mutu pelayanan kesehatan tampak dari survei akreditasi di rumah sakit, Puskesmas dan Klinik hingga pemenuhan fasilitas kesehatan.

Dalam memperingati HKN ke 59 ini dilaksanakan berbagai kegiatan Bakti Sosial,donor darah,kunjungan kepada mereka yang memerlukan menjadi bagian dari kegiatan HKN ini Lomba lomba seperti Krida Saka Bhakti Husada dan Video Edukasi kader Posyandu.Puncaknya acara ilmiah tentang manajemen ulkus dekubitus  podcast di Sinar TV yang mengedukasi masyarakat tentang dampak stunting pada pertumbuhan anak.

Selain membagikan piagam dan penghargaan pada para juara yang diserahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dipenghujung acara HKN ke 59 ini seluruh peserta diajak untuk merenungkan dan mengamini komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat, maju dan berdaya.

Dengan harapan Semangat Transformasi kesehatan yang dipupuk pada hari ini akan terus berkembang dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Gunungkidul.