Pemerintah

Mendorong Pembanguan Berkelanjutan, Pemdes Kalangan Prao Gelar Pelatihan PKAD

6704
×

Mendorong Pembanguan Berkelanjutan, Pemdes Kalangan Prao Gelar Pelatihan PKAD

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Guna Memperkuat Pemerintahan lokal dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan di tingkat desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangan Prao, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Jatim) gelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD), Senin 27 November 2023.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Camat Jrengik Syaiful Muqoddas, Pj Kepala Desa (Kades) Kalangan Prao Zainal Abidin, Aparatur Desa, BPD, dan para Kepala Dusun (Kasun). Selain itu, juga dihadiri oleh pihak DPMD dan Inspektorat yang pada kesempatan ini sebagai nara sumber.

PJ Kades Kalangan Prao Zainal Abidin mengatakan, peningkatan kapasitas aparatur desa guna, termasuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik. Tentunya dalam hal agar lebih terampil, terlatih, dan dapat memberikan layanan efisien dan responsif terhadap masyarakat.

“Maka dengan adanya musyawarah ini, diharapkan adanya aparatur desa dengan kapasitas berkualitas,” ujarnya.

Menurut Zainal, dengan adanya peningkatan aparatur desa, maka akan ada pembangunan efektif yang terselenggara dalam program-program yang berkenaan dengan desa.

“Pastinya, mereka yang terlatih akan mampu merencanakan, melaksanakan, dan memonitor program-program yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dia memaparkan, bahwa meningkatkan kapasitas aparatur desa, bukan hanya investasi dalam sumber daya manusia lokal. Tetapi juga langkah strategis, untuk membangun desa yang mandiri, berdaya, dan berkelanjutan.

“Dengan aparatur yang berkualitas, desa dapat menjadi lokus pembangunan yang efektif, melayani kebutuhan masyarakat, dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan wilayahnya,” tutupnya.

Sekedar diketahui, bahwa materi yang disampaikan oleh DPMD dan Inspektorat seputar penyalahgunaan keuangan desa dab lain sebagai.