Kesehatan

Menghilang Saat Jam Kerja, Dokter di Puskesmas Jrengik Disoroti DPRD Sampang

777
×

Menghilang Saat Jam Kerja, Dokter di Puskesmas Jrengik Disoroti DPRD Sampang

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Dokter di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jrengik menghilang saat jam kerja di soroti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Jumat 8 September 2023.

Bagaimana tidak, sebab dokter yang menghilang saat jam kerja itu, membuat kecewa masyarakat yang datang untuk berobat di Puskesmas Jrengik.

Yakni sebelumnya, salah-satu warga Dusun Muncek Desa Jrengik Suja’i harus pulang tanpa pengobatan dari Puskesmas tersebut. Dia kecewa, lantaran gigi anaknya belum diperiksa oleh dokter di Puskesmas Jrengik.

Menyangkut itu, Anggota Komisi IV DPRD Sampang, Moh Iqbal Fatoni menyayangkan kinerja buruk di Puskesmas Jrengik, apalagi alasannya tidak masuk akal.

“Jika dokter gigi bertugas di luar Puskesmas, itu kurang masuk akal. Karena setau saya, dokter yang bertugas keluar tersebut seharusnya dokter umum,” kata anggota Dewan yang kerap dipanggil Bung Fafan.

Menurut Bung Fafan, apabila ada kegiatan khusus di luar Puskesmas saat jam kerja, seharusnya perawat khusus gigi menjadi pengganti dokter tersebut guna pelayanan pasien yang datang ke Puskesmas.

Apabila dokter itu sering tidak ada, kata Fafan, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, harus memberikan surat peringatan.

“Intinya, pelayanan kesehatan harus diberikan secara baik kepada masyarakat. Contohnya masuk saat jam kerja,” bebernya.

Sementara Kepala Dinkes Sampang, dr Abdulloh Najich akan memberikan pembinaan terhadap Puskesmas Jrengik. Yakni tidak boleh keluar semua saat ada penjaringan anak Sekolah Dasar (SD), seperti halnya di Puskesmas Jrengik.

“Setelah kami telusuri, dokter gigi di Puskesmas Jrengik bersama Timnya sedang keluar ke SD melakukan penjaringan, saat ada pasien datang ke Puskesmas. Sehingga selanjutnya, kami akan memberikan pembinaan,” ungkapnya

Adapun Camat Jrengik Syaiful Muqaddas menekankan, agar Puskesmas Jrengik melayani masyarakat yang datang untuk berobat. Serta apabila dokter gigi ada kegiatan di luar Puskesmas, perawat khusus gigi siap siaga di Puskesmas untuk memberikan pelayanan secara maksimal.

“Sekedar himbauan saja, agar pelayanan Puskesmas Jrengik kepada masyarakat lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya.