Daerah

MIN 1 Tuban Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

118
×

MIN 1 Tuban Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Sebarkan artikel ini

TUBAN,LIPUTAN7.ID – Untuk meningkatkan mutu Tenaga Pendidik, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tuban Jawa Timur menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Mahkota Jalan Bogorejo Sugihwaras Jenu Tuban.

Workshop ini diikuti oleh 38 peserta terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan MIN 1 Tuban berlangsung selama 2 hari dimulai hari ini Rabu (10/7/2024).

Kepala MIN 1 Tuban, Fatah Yasin mengungkapkan bahwa IKM dilaksanakan untuk meningkatkan mutu Guru MIN 1 Tuban dalam menerapkan IKM di Tahun Pelajaran 2024-2025.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidik dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Penerbit Erlangga serta mendatangkan nara sumber dari BDK Surabaya,” ungkap Yasin.

Dalam arahannya, Kepala Kemenag Tuban HJ. Umi Kulsum menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Sementara Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

“Jadi Kurikulum merdeka adalah metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat,” terang HJ. Umi Kulsum.

HJ. Umi Kulsum juga menyampaikan bahwa sebagai pendidik di satker harus mampu menjadi daya tarik dilingkungannya, dalam hal ini harus mampu menunjukkan kompetensi sebagai pendidik yang baik.

“Salah satu upayanya yaitu dengan mengikuti semua kegiatan pengembangan keprofesian yang dilaksanakan melalui workshop dan bimtek,” pungkas mantan Kasi Pendma Kemenag Tuban itu.