Daerah

Panwaslih Aceh Utara Awasi Percetakan Surat Suara di Jabar

493
×

Panwaslih Aceh Utara Awasi Percetakan Surat Suara di Jabar

Sebarkan artikel ini

ACEH UTARA, LIPUTAN7.ID– Anggota Panitia Pengawas Pemilihan atau Panwaslih se-Aceh di 23 Kabupaten/Kota melakukan pengawasan melekat proses percetakan surat suara di PT Gramedia yang berada di Cikarang, Jawa Barat (Jabat) yang dilaksanakan selama dua hari dimulai Selasa-Rabu, 28-29 November 2023.

Ketua Panwaslih Aceh Utara, Syahrizal mengatakan setiba di lokasi pihaknya semua melihat hasil pencetakan surat suara yang sudah dicetak oleh PT Gramedia disetiap semua daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten/kota masing-masing.

“Khusunya di Aceh Utara, terdapat ada enam dapil dan kemudian kami melihat serta dicocokkan berdasarkan hasil verifikasi daftar caleg tetap yang dilakukan KIP,” kata Syahrizal kepada awak media, Selasa (28/11).

Kemudian, pihaknya mencocokkan surat suara berdasarkan Daftar Caleg Tetap yang sudah diumumkan oleh KIP. “Alhamdulillah, surat suara yang dicetak sudah sama dengan nama-nama Caleg yang ada di enam dapil di Aceh Utara,”katanya.

Dia menyebutkan pihak yang mengawasi proses itu terdiri dari anggota Panwaslih hingga staf yang membidangi pengawasan logistik.

Berdasarkan hasil pengawasan dilakukan hari ini, kata Syahrizal, surat suara yang sudah dicetak yakni surat suara Capres dan Cawapres. Sedangkan saat ini, kertas suara suara yang sedang dicetak untuk DPR RI hingga kertas suara DPRK.

Dia menambahkan setelah dilakukan pencetakan itu PT Pos yang bekerjasama dengan KIP Aceh akan mengambil langsung surat suara itu di PT Gramedia. Kemudian, PT Pos mengantar ke KIP Kabupaten/Kota yang ada di Aceh.

“Adapun pengawasan itu dilakukan berdasarkan peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 12 Tahun 2023,”pungkasnya.