Peristiwa

Pelatihan Perkoperasian Modern Diperuntukan untuk Pengurus Koperasi

159
×

Pelatihan Perkoperasian Modern Diperuntukan untuk Pengurus Koperasi

Sebarkan artikel ini

PADANG PARIAMAN, LIPUTAN7.ID -Guna mewujudkan koperasi yang berdaya saing dan kuat sehingga koperasi semakin berkualitas dan modern. Tantangan, persaingan serta peluang usaha saat ini sangat dinamis sekali, apalagi di era sekarang hampir semua sektor usaha sudah berbasis teknologi digital. Koperasi harus berbenah, harus berkembang go-digital dan harus berkolaborasi. Diperlukan tindakan kongkrit untuk melakukan reformasi koperasi, baik dalam cara pandang maupun dalam pengelolaan koperasi secara baik dan benar. Untuk melaksanakan hal tersebut diperlukan langkah terencana, konseptual dan berkesinambungan untuk mewujudkan kemandirian koperasi.

Terkait dengan hal tersebut
Sebanyak 32 orang pengurus koperasi se Kabupaten Padang Pariaman mengikuti pelatihan perkoperasian angkatan II pengembangan usaha koperasi menuju koperasi modern yang di selenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (DisdagnakerkopUKM) Padang Pariaman, bertempat di Hotel Rocky Padang, Kamis (26/10/23).

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan, bahwa pelatihan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas pengurus koperasi dalam mengelola koperasi secara modern dan profesional.

“Koperasi merupakan salah satu pilar perekonomian masyarakat, oleh karena itu penting bagi pengurus koperasi untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengelola usaha koperasi,” ujar Suhatri Bur.

Suhatri Bur juga menambahkan, bahwa pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dalam mengelola usaha koperasi sehingga dapat menjadi lebih maju dan berdaya saing di era digitalisasi.

“Dengan adanya pelatihan ini,diharapkan dapat menjadi sarana bagi pengurus koperasi terkhusus di Padang Pariaman untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan usaha koperasi,” terangnya.

Sementara itu,dalam laporannya hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Koperasi Ermizal menyebutkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk penumbuhan pengembangan koperasi menuju koperasi modern serta meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengurus koperasi di Padang Pariaman.

Emrizal juga menyebutkan, pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 26 hingga 28 Oktober 2023. Peserta dalam pelatihan ini diutamakan dari koperasi yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2022.

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai bidang, antara lain dari balai latihan koperasi Sumbar Budiman, Akademisi Unand Padang Emrizal, serta Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Edwar.

Turut mendampingi Bupati Padang Pariaman, Kepala DisdagnakerkopUKM Padang Pariaman Jon Kenedi, Kabag Prokopim Armedes serta turut dihadiri oleh ketua koperasi wanita jaya bersama Kayu Tanam Endarmi.