Pemerintah

Pemdes Kalangan Prao Gelar Musdes Perubahan APBDes, ini kata Zainal Abidin

49
×

Pemdes Kalangan Prao Gelar Musdes Perubahan APBDes, ini kata Zainal Abidin

Sebarkan artikel ini

SAMPANG, LIPUTAN7.ID – Guna menyesuaikan alokasi dana desa (ADD) dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangan Prao gelar Musyawarah Desa (Musdes) perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Kamis 14 September 2023.

Musdes perubahan APBDes 2023 di hadiri oleh Sekretaris Kecamatan, Kasi PMD, Aparatur Desa. Tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur lainnya.

Pj Kepala Desa (Kades) Kalangan Prao Zainal Abidin mengatakan, bahwa perubahan APBDes bukan hanya proses administratif tahunan. Melainkan sebuah langkah strategis untuk menyesuaikan alokasi DD dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

“Melihat itu, maka tujuan utama Perubahan APBDes untuk menyesuaikan DD dengan kebutuhan aktual masyarakat Desa Kalangan Prao,” ujarnya.

Perubahan APBD, kata dia, juga mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. Termasuk mencakup peningkatan akses terhadap layanan kesehatan, pendidikan, serta infrastuktur yang mendukung ekonomi lokal.

“Maka melalui menyelaraskan alokasi dana dengan kebutuhan ini, diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat desa Kalangan Prao akan meningkat signifikan,” harapnya.

Dia menguraikan, bahwa proses perubahan APBDes juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta dalam pengambilan keputusan terkait alokasi dana desa. Tujuannya, guna membangun kesadaran masyarakat terhadap kebijakan keuangan desa dan memberdayakan mereka untuk berkontribusi dalam menentukan prioritas pembangunan.

Selain itu, Zainal menambahkan, pentingnya pembangunan berkelanjutan tidak bisa diabaikan dalam tujuan perubahan APBDes. Apalagi, perubahan APBDes juga mengarah pada penguatan kapasitas institusi desa.

“Ini mencakup pelatihan bagi aparat desa, peningkatan transparansi dalam pengelolaan keuangan, dan pengembangan sistem administrasi yang efisien. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengelolaan anggaran yang baik dan akuntabel,”

“Sementara Masyarakat setempat, berperan aktif dan mendukung pembangunan di Desa Kalangan Prao,” pungkas Zainal.