Pemerintah

Pemkab Jepara Catatkan Rekor MURI, Membakar Ikan Terbanyak Pertama di Indonesia

556
×

Pemkab Jepara Catatkan Rekor MURI, Membakar Ikan Terbanyak Pertama di Indonesia

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Perikanan Kabupaten Jepara dalam rangka ‘Gebyar Hari Ikan Nasional’ akan menyelenggarakan Pencatatan Rekor Muri Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak dengan target 500 pejabat, dengan bumbu Srepeh resep khas Karimunjawa Kabupaten Jepara. Jawa Tengah. Kamis (12/10/2023).

Hal tersebut disampaikan Farikhah Elida Plt Kepala Dinas Perikanan Jepara kepada awak media, Acara Pencatatan Rekor MURI ini direncanakan akan digelar hari Minggu (15/10/2023) mulai jam 06.30 Wib hingga jam 10.00 Wib di Pantai Telukawur, Kecamatan Tahunan Jepara.

“Disamping itu, acara ini juga dalam rangka mendukung rencana pengembangan Desa Telukawur sebagai Desa Wisata Bahari serta sosialisasi gerakan Gemar Makan Ikan,” ujar Farikhah Elida.

Agenda Gebyar Hari Ikan Nasional yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara pada tanggal 14 hingga 15 Oktober 2023 di Pantai Telukawur Jepara.

Menurut Farikhah Elida, disamping Forkopimda Jepara, acara ini juga direncanakan akan dihadiri Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Direktorat Persampahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Farikhah Elida berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi momentum kolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan Kabupaten Jepara dalam memanfaatkan sampah organik sisa makanan untuk dijadikan makanan ikan.

Ia juga menjelaskan untuk pencatatan rekor MURI ini pihaknya mentargetkan Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak akan diikuti oleh 500 pejabat mulai Forkopimda, para Kepala OPD bersama pejabat eselon III dan IV, , kepala BUMD, BUMN, para camat hingga petinggi dan kepala kelurahan.

Ia menambahkan, untuk pencatatan rekor Muri ini disiapkan sekitar 6000 ekor ikan dengan berat kurang lebih 1 ton. Setiap peserta nantinya direncanakan akan membakar ikan laut, ikan nila, lele dan bandeng sebanyak 5 hingga 10 ekor.

“Setelah selesai bakar ikan akan dilakukan makan bersama dengan lansia, anak panti asuhan serta pengunjung pantai Telukawur,” tambahnya.

Terkait dengan Gebyar Hari Ikan ini mulai Sabtu siang hingga Minggu (14-15/10/2023), akan diselenggarakan pameran produk ikan olahan dan bank sampah induk.

“Pemeran akan digelar setelah pintu masuk utama pantai Teluikawur. Juga ada live musik The Kings,” ujarnya.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta akan menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bantuan jaring, mesin dan KUBE untuk nelayan, saat dilakukan acara Pencatatan Rekor Muri Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak, pantai Telukawur masih terbuka untuk wisatawan.

“Namun ada pengaturan terkait dengan tempat parkir, kawasan pantai diharapkan steril dari kendaraan,” tuturnya

Acara ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintahan Desa, Bumdes serta para pedagang pelaku UMKM yang ada di Pantai Telukawur.