Pemerintah

Penguatan Kapasitas Kawasan Kabupaten Lahat Dilaksanakan di Hotel Bukit Serelo

164
×

Penguatan Kapasitas Kawasan Kabupaten Lahat Dilaksanakan di Hotel Bukit Serelo

Sebarkan artikel ini

LAHAT LIPUTAN7.ID – Bertempat di Hotel Bukit Serelo Kabupaten Lahat pada hari ini Senin (06-11-2023) di laksanakan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana di Daerah Rawan Bencana serta pembentukan Desa tangguh bencana.

Turut hadir dalam acara ini Assisten II dan Assisten III, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat beserta seluruh jajaran,para Kepala OPD di Lingkup pemerintah Kabupaten Lahat,narasumber, para Camat, kepala desa dan tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat Drs.Ali Afandi, dalam laporanya menyampaikan tujuan di laksanakan kegiatan ini adalah melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya baik dampak yang merugikan akibat bencana, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya dalam rangka mengurangi resiko bencana.

Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal dalam mengurangi resiko bencana, meningkatkan kerjasama antar orang berkepentingan dalam rencana penanggulangan bencana.

“Kami sampaikan bahwa kegiatan ini akan di laksanakan selama 2 hari mulai tanggal 6-7 November 2023 dan materi yang di berikan pada peserta nantinya adalah konsep penanggulangan bencana,penilaian ketangguhan desa dan membentuk struktur perangkat di desa serta kerjasama lintas sektoral dalam penanggulangan bencana,”sampainya.

Sementara Bupati Lahat H.Cik Ujang,SH melalui Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Lahat Dodi Alfiansyah Nasoha, dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan pemerintah Kabupaten Lahat terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang penanggulangan bencana.

Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini di harapkan akan semakin meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan,mitigasi dan respon terhadap bencana alam sehingga penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat,tepat dan lebih dapat meminimalisasi kerugian akibat bencana.

“Untuk para peserta diharapkan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh arahan dari pemberi materi sehingga dapat membentuk masyarakat yang tangguh bencana serta memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi di daerah rawan bencana,” tutupnya.