Daerah

Pengunjung Pantai Bandengan Jepara Membludak di Awal Tahun 2024

330
×

Pengunjung Pantai Bandengan Jepara Membludak di Awal Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

JEPARA, LIPUTAN7.ID – Pengunjung pantai bandengan Jepara membludak di awal tahun 2024. Pantai bandengan yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Tirta Samudra atau Pantai Klein Scheveningen masih menjadi daya tarik pengunjung dalam mengisi waktu libur panjang pergantian tahun. Dahulu pantai yang menghadap ke utara laut Jawa ini sering didatangi oleh RA Kartini, pahlawan nasional.

Pantai dengan hamparan pantai putih tersebut terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, keramaian pengunjung terlihat sejak Minggu (31/12/2023) pagi dengan sejumlah warga yang berbondong-bondong memadati kawasan wisata yang mempesona dengan pantai putih yang bersih. Senin (01/01/2024)

Deretan mobil mengular memasuki pintu masuk pantai Bandengan hampir 1km panjangnya, tentunya lebih beruntung bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua, bisa berjalan ditepi atau bahu jalan, meskipun di guyur hujan pengunjung tetap semangat untuk menikmati pemandangan hamparan pantai Putih.

Manager Objek Wisata Pantai Bandengan, Subiyanto mengatakan. Momen liburan tahun baru ini tercatat dengan kunjungan sekitar 5.000 wisatawan ke Pantai Bandengan. Dalam sehari, jumlah wisatawan yang masuk berkisar antara 1.000 hingga 1.500 pengunjung. Sebelumnya, libur Natal juga mencatat lonjakan kunjungan dari berbagai daerah.

“Awal tahun ini pengunjung bertambah, di banding tahun lalu,” pungkasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pengelola telah menambah petugas untuk bersiaga, sehingga para wisatawan dapat tetap aman saat beraktivitas di pesisir laut Jawa.

“Kami menyiapkan titik pantau kerawanan di dalam berenang atau mandi dengan tanda-tanda yang menunjukkan kapan tidak boleh beraktivitas di air. Tenaga kami, relawan, dan pelaku wisata turut serta berpartisipasi dalam mengawasi pengunjung,” tuturnya.

Untuk tarif masuk ke Pantai Bandengan sangat murah meriah mulai dari Rp10.000 – Rp15.000. Ada perbedaan harga tiket di hari biasa ataupun hari libur. Wisatawan akan dikenai biaya lain jika menikmati wahana permainan yang ada di sana.

Kawasan wisata pantai memiliki jam buka mulai pukul 7 pagi sampai jam 4 sore. Hal itu sangat menunjang bagi wisatawan yang ingin berlama-lama menghabiskan waktu di pantai ini.