Peristiwa

Pesawat Latih Milik IFC Jatuh di Tangerang, Tiga Penumpang Tewas

178
×

Pesawat Latih Milik IFC Jatuh di Tangerang, Tiga Penumpang Tewas

Sebarkan artikel ini

Pesawat Latih Milik IFC Jatuh di Tangerang, Tiga Penumpang Tewas

TANGERANG,LIPUTAN7.ID – Sebuah pesawat latih milik Indonesia Flying Club jatuh di kawasan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Minggu (19/5/2024).

Pesawat yang jatuh adalah Pesawat Tecnam P2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club yang membawa 3 penumpang, 1 pilot, 1 engineer, dan 1 penumpang. Tiga orang di dalam pesawat, yaitu pilot, penumpang, dan engineer dinyatakan tewas.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ibnu Bagus Santoso mengungkapkan bahwa kronologi dan penyebab jatuhnya pesawat tersebut masih diselidiki oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Posisi korban berada di luar bangkai pesawat sehingga salah satu korban yang meninggal dunia langsung dibawa ke rumah sakit Kabupaten Tangerang, sementara dua korban lainnya terjebak di dalam pesawat,” ungkapnya dikutip dari Antara.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, menjelaskan bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan tim KNKT dan Inspektor Penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara serta Kepolisian setempat untuk membantu penyelidikan insiden ini.

“Kami sedang koordinasi, tunggu saja hasil penyelidikanya,” katanya.

Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) sebagai pemilik pesawat pun menyatakan turut berduka atas kejadian ini. Mereka menegaskan bahwa klub mereka senantiasa mematuhi prosedur keselamatan penerbangan yang tinggi dalam menjaga keselamatan para penggunanya.

Informasi dihimpun, pesawat latih jatuh merupakan kejadian yang sering terjadi di Indonesia.

Menurut data dari KNKT yang diperoleh dari situs resminya, hingga bulan April 2022 ada lebih dari 70 kecelakaan pesawat di Indonesia sejak 2007.

Dari data tersebut, sekitar 50 kecelakaan melibatkan pesawat jenis small aircraft atau pesawat kecil dan pesawat latih dengan jumlah korban jiwa yang beragam.

Pada Agustus 2020, sebuah pesawat latih terjun ke dalam perumahan di Jakarta Selatan, membuat dua orang tewas.

Kecelakaan pesawat latih sendiri biasanya terjadi karena berbagai faktor seperti kesalahan manusia, kondisi cuaca buruk, atau kerusakan pada bagian pesawat.

Dalam beberapa kasus, kurangnya pengalaman pada pilot juga bisa menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Sumber: Antara