Pemerintah

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Pengganti Ganjar, di Luar Prediksi

736
×

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Pengganti Ganjar, di Luar Prediksi

Sebarkan artikel ini
Ket Foto : Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Nana Sudjana saat dilantik menjadi sebagai Inspektur Utama (Irtama) 

SEMARANG,LIPUTAN7.ID – Presiden Joko Widodo dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) menunjuk Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah pengganti Ganjar Pranowo yang purna tugas pada 5 September 2023.

Hal ini merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 152/P hingga 154/P dan 156/P Tahun 2018 tanggal 28 Agustus 2018.

Selanjutnya, nomor 158/P Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018, nomor 159/P hingga 162/P Tahun 2018 tanggal 4 September 2018 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2018-2023.

Nana Sudjana sendiri saat ini menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI. Dia merupakan purnawirawan Polri yang pernah bertugas di wilayah Polda Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Satake Bayu Setianto membenarkan rekam jejak Nana Sudjana saat bertugas di Provinsi Jateng. Jum’at (1/9/23)

Purnawirawan Jenderal bintang tiga tersebut, kata dia, pernah bertugas sebagai Kapolres Surakarta pada 2010. Setelah itu, menurut dia, Nana berpindah tugas sebagai Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Jawa Tengah

Satake Bayu menegaskan Polri tetap netral dalam Pemilu 2024 meski Jawa Tengah akan dipimpin penjabat gubernur yang merupakan purnawirawan Polri.

Penunjukan itu di luara prediksi banyak pihak. Pasalnya, DPRD Jateng telah mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Jateng yang akan menggantikan Ganjar Pranowo.

Ketiga nama calon Pj Gubernur Jawa Tengah tersebut adalah Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejagung RI Tony Tribagus Spontana dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.

Usulan tiga nama itu merupakan hasil dari rapat gabungan seluruh pimpinan DPRD Jateng dan ketua fraksi. DPRD Jateng telah mengirimkan ketiga nama calon Pj Gubernur Jawa Tengah itu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Jokowi selain menunjuk Nana Sudjana, juga menunjuk nama-nama yang akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur di 9 Provinsi yang berakhir masa jabatannya pada bulan September 2023.

Kesembilan nama Pejabat Gubernur lainnya, yakni :

(1). Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin,
(2). Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanudin,
(3). Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya,
(4). Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun,
(5). Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake.
(6). Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Ariadi,
(7). Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi,
(8). Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi, dan
(9). Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bachtiar Baharuddin.