Sorot

Pohon Mahoni Ditebang Sembarangan, Rumah Warga Tertimpa Hingga Rusak

173
×

Pohon Mahoni Ditebang Sembarangan, Rumah Warga Tertimpa Hingga Rusak

Sebarkan artikel ini

NISEL, LIPUTAN7.ID – Sebuah rumah warga di desa Amorosa, kecamatan Ulunoyo, kabupaten Nias Selatan, Sumut, ditimpa pohon mahoni yang ditebang oleh pekerja mesin gergaji (senso) pada Rabu (06/12/2023).

Rumah tersebut milik Feberius Buulolo anak dari Hesozaro Buulolo alias Ama Sime. Sedangkan pekerja senso AS yang merupakan suruhan Y selaku mantan Narapidana kekerasan terhadap perempuan dan juga pemilik dari pada lahan bersama pohon mahoni yang dimaksud.

Berdasarkan penuturan Hesozaro Buulolo, ayah kandung dari pemilik rumah pada Jumat (08/12), bahwasanya insiden tersebut diduga kuat adanya unsur kesengajaan dari sejumlah oknum.

“Pekerja senso alias Ama Sada bersama rombongan mengarahkan batang pohon yang diikat dengan tali untuk menimpa rumah hingga rusak,” ujarnya

Hal tersebut, kata dia, diperkuat dengan bekas potongan pada tungggul pohon yang mengarah tepat ke rumah sebagai sasaran utama. Bekas arah potongan gergaji mesin tegak lurus mengarah ke rumah, padahal masih terdapat jalur alternatif lain yang cukup leluasa tanpa mengarah ke rumah.

“Pekerja senso AS bersama pemilik pohon S (inisial) bersedia mengganti segala kerugian sekira Rp 15 juta hingga adanya perdamaian secara kekeluargaan. Sementara, mesin gergaji mereka dititipkan dan pemotongan batang pohon tidak diteruskan,” ungkapnya.

Dijelaskan, bahwa hal tersebut sudah diketahui oleh Pemdes dan beberapa tokoh masyarakat desa Amorosa hingga perangkat desa meninjau TKP. Namun belum ada tindak lanjut sama sekali seolah terabaikan.

“Oleh karena itu, saya berniat untuk melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib dengan dalil aduan berdasarkan pasal 200 KUHP tentang pengrusakan yang secara sengaja dan bersama-sama,” terangnya.

Ketika hal ini dikonfirmasi beberapa kali kepada Pemdes Amorosa (Kades) via WhatsApp, tidak ada tanggapan hingga berita ini ditayangkan.