Daerah

Polisi Gagalkan Pengiriman 226 Anjing di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang

305
×

Polisi Gagalkan Pengiriman 226 Anjing di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang

Sebarkan artikel ini

SEMARANG, LIPUTAN7.ID Polrestabes Semarang berhasil gagalkan pengiriman 226 ekor anjing ke Solo, setelah mendapat informasi dari komunitas Animal Hope Shelter Indonesia, langsung bergerak dan mengadang sebuah truk pada Sabtu 6/1/2024 sekira pukul 22.30 Wib yang akan masuk ke Gerbang Tol Kalikangkung Semarang Jawa Tengah. Minggu (7/1/2024).

Polisi saat melakukan penggeledahan, mendapati di bak truk itu terdapat ratusan ekor anjing hidup diikat tali rafia dan dimasukkan karung, bahkan sebagian digantung terikat dari ratusan ekor anjing itu ada 12 yang sudah mati,

diduga akan dijual dan dijagal di Solo.

“Total dari 226 baru terhitung sudah ada 12 ekor yang sudah mati, tiga sekarat,” dikutip dari rekaman video di IG Animal Hope Shelter Indonesia.

Pada keterangan video di akun tersebut, komunitas itu pun mengapresiasi kerja cepat jajaran Polrestabes Semarang yang responsif.

Pada video yang lain diunggah akun tersebut, terlihat truk berplat nomor AD itu diberhentikan di gerbang tol. Sementara terdengar anjing menyalak bersahut-sahutan di dalam bak truk tersebut.

Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Irwan Anwar saat di Gerbang Tol Kalikangkung mengatakan, polisi kini masih memeriksa lima orang kru truk yang telah diamankan.

“Kami dapat informasi dari rekan-rekan, langsung bergerak dan berhasil mendapatkan truk yang mengangkut ratusan ekor anjing. Dari hasil pemeriksaan sementara, mereka dari Subang akan dibawa ke Solo, ini masih kita dalami,” ujar Kombes Polisi Irwan Anwar. Sabtu (6/1/2024) malam

Ketua Animals Hope Shelter Indonesia Christian Josua Pale menyebut pihaknya sudah mengendus sebuah truk yang mengangkut anjing ke Solo pada 23 Desember 2023 di Tol Cikopo Palimanan, namun truk tersebut langsung tak terdeteksi keberadaannya.

“Terima kasih sekali kepada Polrestabes Semarang, diberi info langsung gerak cepat. Rasanya pengen nangis ini. Lihat kondisi anjing-anjing itu diikat tali mulut leher kaki terus digantung,” ujar Christian.