Daerah

PT. ASDP Belum Online Jual Tiket, Carutmarut Rugikan Wisatawan ke Karimunjawa

259
×

PT. ASDP Belum Online Jual Tiket, Carutmarut Rugikan Wisatawan ke Karimunjawa

Sebarkan artikel ini
PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP Persero) seharusnya gandeng platform digital Tiket.com dalam memperluas implementasi digitalisasi penjualan tiket kapal penyeberangan Jepara Karimunjawa Kabupaten Jepara. Selasa (22/8/2023).
PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP Persero) seharusnya gandeng platform digital Tiket.com dalam memperluas implementasi digitalisasi penjualan tiket kapal penyeberangan Jepara Karimunjawa Kabupaten Jepara. Selasa (22/8/2023).

JEPARA, LIPUTAN7.ID – PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry  atau PT. ASDP Persero, seharusnya gandeng platform digital Tiket.com dalam memperluas implementasi digitalisasi penjualan tiket kapal penyeberangan Jepara Karimunjawa Kabupaten Jepara. Selasa (22/8/2023).

Langkah ini perlu ditempuh sebagai fungsi dan tugas dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat membeli tiket ferry untuk pengembangan digitalisasi produk dan layanan pada segmen moda transportasi penyeberangan.

Salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang.

Fungsi utama perusahaan ini adalah menyediakan akses transportasi publik antar pulau ke wilayah yang belum memiliki penyeberangan guna mempercepat pembangunan penyeberangan perintis.

Belakangan rame di media sosial menjadi sorotan Nitizen, buruknya sistem pelayanan tiket kapal laut ke Karimunjawa. Pasalnya sejumlah wisatawan terlantar yang akan berlibur tidak kebagian tiket dan diduga dikalahkan oleh jasa Calo tiket.

“Apa nggak kasihan nih, kami sudah bayar hotel, banyak yang kami bayar. Kami udah datang dari jam 01.00 Wib, nginap di hotel nungguin dari kemarin,” ujar wanita berjaket biru dalam video viral.

PT ASDP Indonesia Ferry selaku pelaksana usaha dari BUMN di bidang transportasi air, melalui akun Instagram @asdp191, PT ASDP akan mengevaluasi.

“Kami akan evaluasi dan terus meningkatkan pelayanan dalam menyediakan penyeberangan yang aman, nyaman dan lancar bagi seluruh pengguna jasa. Terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan, mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis PT ASDP. Senin (21/8/2023).

Sementara Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta sudah menginstruksikan pihak PT. ASDP untuk membuat sistem pemesanan tiket secara online.

“Tiket penyeberangan Karimunjawa ke Jepara atau sebaliknya, harus memakai sistem online. Agar tidak terjadi lagi ketidaknyamanan wisatawan terhadap pemesanan tiket kapal,” ujar Edy Senin (3/7/2023).

Pihaknya juga menilai, dengan kehadiran jasa transportasi publik seperti kapal penyeberangan menggunakan sistem online, berdampak pada pencatatan data manifest semakin tepat dan akurat.