Kesehatan

Resmikan Empat Fasilitas Kesehatan Sekaligus, Termasuk Kepedulian Bupati Lahat

237
×

Resmikan Empat Fasilitas Kesehatan Sekaligus, Termasuk Kepedulian Bupati Lahat

Sebarkan artikel ini

LAHAT, LIPUTAN7.ID – Kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.

Di Kabupaten Lahat sendiri, Permasalahan kesehatan telah di kupas tuntas oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA melalui program yang menyentuh langsung ke masyarakat, seperti berobat gratis, dan kemudahan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Sejalan dengan itu, Hari ini Selasa 5 Desember 2023 bertempat Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D, Bupati Lahat H Cik Ujang SH meresmikan empat fasilitas kesehatan secara langsung, antara lain :
UPT. Puskesmas Lahat Selatan
UPT. Puskesmas Mulak Sebingkai
RSIA Adellia Graha Medika dan Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D.

Hadir juga dalam acara ini, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Lahat Taufiq M Putra, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang S. HUT MM, Ketua GOW Lahat Hj Sumiati, Camat Se- Kabupaten Lahat, Kepala OPD, Direktur RSUD Lahat, Direktur Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D Lahat dan seluruh kades se- kecamatan Tanjung Tebat.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengatakan, Alhamdulillah Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar, Rumah Sakit Tanjung Tebat Type D berdiri, terima kasih atas semua dukungan semua pihak yang terlibat, dirinya berharap berdirinya rumah sakit ini dapat menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang memiliki peran strategis dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik guna meningkatkan kesehatan masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah, ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, berdirinya Rumah sakit Tanjung Tebat Type D ini merupakan program kerja Pemkab Lahat, dalam menjamin akses kesehatan masyarakat terutama masyarakat di 7 Kecamatan yaitu: Kec.Tj Tebat, Kec.Kota Agung, Kec.Mulak Ulu,Kec.Mulak Sebingkai, Kec.Pagar Gunung, Kec. Gumay Ulu dan Kec.Pulau Pinang. Pembangunan RS Pratama ini diharapkan, bisa meringankan beban masyarakat miskin yang tidak mampu berobat di RSUD Lahat karena jarak tempuhnya, Jelas Bupati.

Di ujung sambutannya, dirinya menambahkan, kami sebagai Pemerintah Daerah akan terus mendukung penuh Persoalan kesehatan yang ada di Kabupaten Lahat.

“Semoga ke depannya, Rumah sakit ini akan menjadi rumah sakit modern yang dapat menjawab semua keresahan masyarakat kabupaten Lahat khususnya dan Sumatera selatan pada umumnya,” tutupnya.