Peristiwa

Sampai Bulan Oktober DPTb Di Aceh Utara Mencapai 316 Pemilih

490
×

Sampai Bulan Oktober DPTb Di Aceh Utara Mencapai 316 Pemilih

Sebarkan artikel ini

ACEH UTARA, LIPUTAN7.ID – Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Utara mencatat jumlah Daftar Pemilih Tambahan(DPTb) untuk pindah pemilih pada Pemilu 2024 untuk periode sampai 6 November 2023 sebanyak 316 pemilih.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KIP Kabupaten Aceh Utara Fauzan Novi, yang di konfirmasi media liputan7.id, Selasa (07/11/2023), mengatakan DPTb sebanyak 316 tersebut terdiri dari DPTb masuk sejumlah 100 pemilih dan mereka yang pindah memilih keluar daerah (DPTb keluar) tercatat 216 pemilih.

Untuk pindah pemilih masuk sebanyak 100 pemilih tersebut, katanya terdiri dari laki-laki sebanyak 42 pemilih dan perempuan sebanyak 58 pemilih.

Sedangkan jumlah pemilih pindah keluar sebanyak 216 yang terdiri dari laki-laki 104 pemilih dan perempuan sebanyak 112 pemilih.

“Data ini merupakan data akumulasi dari DPTb bulan-bulan sebelumnya,” kata Fauzan Novi.

Ia mengatakan kendala selama proses layanan pindah memilih, salah satunya keengganan masyarakat dalam mengurus pindah memilih.

“Sosialisasi kepada pemilih harus terus ditingkatkan, selain itu koordinasi dengan pemangku kepentingan menjadi penting untuk meningkatkan pelayanan pindah memilih,” ungkapnya lagi.

Ia mengatakan pemilih yang telah terdaftar dalam DPT tapi karena keadaan tertentu ingin menggunakan hak pilihnya di TPS lain bisa mengajukan permohonan pemindahan ke KIP Aceh Utara. Pengurusan pindah memilih ini bisa di tempat asal atau di tempat tujuan, dengan langsung menghubungi PPS/PPK/KPU Kabupaten/kota.

“Pendaftaran sejak 30 Agustus 2023 sampai 15 Januari 2024, dan untuk alasan tertentu dilayani sampai 7 Februari 2024,”

“Data pemilih menjadi sumber penting dari seluruh tahapan pemilu 2024, sehingga peran semua pihak dalam proses penyusunan daftar pemilih sangat berharga,” pungkasnya.