Pemerintah

Sekda Jepara Arahkan ASN Dan Masyarakat Untuk Menjaga Kebersihan Kota

408
×

Sekda Jepara Arahkan ASN Dan Masyarakat Untuk Menjaga Kebersihan Kota

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Apel pagi seluruh Kepala Bagian Setda, Kepala BPKAD, dan pegawai di lingkungan Setda Jepara. Apel pagi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah Jepara, Senin, (9/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Jepara mengingatkan mengenai penilaian adipura yang sedang berlangsung mulai hari Minggu, (8/10/2023) lalu.

Sebelumnya tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dijadwalkan untuk menilai di hari Kamis, (5/10/2023) namun harus ditunda karena suatu hal.

“Ada waktu dua hari ini harusnya dimaksimalkan, namun setelah kami cek di hari Jumat ternyata masih terdapat sampah di tempat yang tidak semestinya,” ujar Edy.

Sekda Edy mengatakan sebelumnya dirinya memberikan arahan kepada pimpinan perangkat daerah untuk membersihkan titik-titik yang ditentukan. Namun dirinya masih mendapati beberapa catatan yang perlu diperbaiki, misalnya masih banyaknya sampah di sejumlah pot bunga.

Edy Sujatmiko mengimbau kepada seluruh karyawan/karyawati di lingkungan Setda agar senantiasa menjaga kebersihan. Mengingat Setda Jepara juga merupakan salah satu titik pantau tim penilai adipura.

“Penilaian adipura ini tidak hanya dari kita (pemerintah), bukan semata karena pialanya, namun yang terpenting untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Edy.

Kita perlu mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya budaya hidup bersih terlebih mengenai adipura. Pasalnya banyak masyarakat yang belum memahami hal tersebut.

Sehingga penting bagi pemerintah untuk bekerjasama dengan masyarakat agar menjaga kebersihan demi mempertahankan Adipura Kencana.

“Masih banyak masyarakat yang membuang sampah hanya di pinggiran TPS (Tempat Pembuangan Sampah) bukan di kontainernya, terlebih apabila tidak ada petugas,” tandasnya.

Untuk itu, ia berharap agar para pegawai khususnya ASN (Aparatur Sipil Negara) memberikan contoh langsung kepada masyarakat mengenai budaya hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya.

Edy Sujatmiko berharap contoh langsung dari para ASN ini dapat berdampak ke masyarakat sehingga Jepara berhasil memperoleh piala Adipura khususnya mempertahankan gelar Adipura Kencana.