Peristiwa

Siapa yang Menguasai Informasi akan Menguasai Dunia

383
×

Siapa yang Menguasai Informasi akan Menguasai Dunia

Sebarkan artikel ini

ACEH UTARA, LIPUTAN7.ID – Stimulus informasi akan berdampak pada proses berfikir. Berikut berubah menjadi sikap, berperilaku serta menghasilkan proses.

“Fakta dan media dua hal yang berkaitan, tapi ada perbedaan. Banyak yang terjebak bahasa media yang jauh dari fakta,” ungkap ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPW), Wilson Lalengke, disela-sela pelantikan sebanyak 18 orang Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPWI Aceh Utara, Senin (04/09/2023).

Wilson menegaskan, wartawan harus bekerja profesional memberitakan secara faktual.

“Siapa yang menguasai informasi, dialah yang menggenggamdunia,” tegasnya.

Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengke melantik DPC (Dewan Pengurus Cabang) PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Aceh Utara di Aula Kantor Bupati Aceh Utara. Kegiatan pelantikan pengurus PPWI Aceh Utara tersebut dengan masa bakti 2023-2028.

Pelantikan pengurus DPC itu turut hadir Pj. Bupati Aceh Utara Dr, Drs Mahyuzar, Ketua Umum DPN PPWI, Wilson Lalengke, Anggota Komisi V DPR RI Dari Partai Demokrat, Muslim, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, Sekdakab Aceh Utara Dr. A Murtala, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Hendra Yuliansyah, Kapolres Aceh Utara diwakili oleh Iptu Bambang, S, Dandim 0103/Aceh Utara diwakili oleh Serma Agus, dan perwakilan PPWI Kabupaten Kota, para media dan tamu undangan.

Acara pelantikan dilakukan secara sistematis, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilanjutnya Shalawat Nabi oleh Tgk. Gunawan”, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Hymne Aceh.

Selanjutnya laporan panitia pelaksana oleh Zulkifli ST, yang intinya, pengurus DPC PPWI Aceh Utara adalah merupakan hasil rapat musyawarah cabang pada tanggal 29 Nopember 2022. Perlu kami sampaikan bahwa pengurus yang akan dilantik pada hari ini yang berjumlah 18 orang yang merupakan wartawan dan Pewarta Warga Indonesia.

“PPWI adalah sebuah organisasi yang menjadi wadah para jurnalis warga yang didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Nopember 2007 yang lalu,” papar ketua Panitia, Zulkifli.

Tujuan utama PPWI adalah mewujudkan komunitas warga masyarakat Indonesia
yang cakap yakni yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab dalam berbagi informasi melalui media massa serta mampu merespon dengan benar setiap informasi yang diperoleh dari media massa,” ungkap panitia pelaksana pada pewarta media ini.

Acara dilanjutkan dengan menyantuni 15 orang anak yatim dan dilanjutkan dengan diskusi publik dengan Tema ‘Media Sebagai Pengawas Partisipatif’ yang menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Pelantikan DPC PPWI Aceh Utara yang diisi oleh para jurnalis profesional lokal Aceh Utara tersebut, berlangsung sukses dan khidmat.