Daerah

Tambang Ilegal Didalam Kawasan Hutan Lindung Diduga Mitra Aparat 

909
×

Tambang Ilegal Didalam Kawasan Hutan Lindung Diduga Mitra Aparat 

Sebarkan artikel ini

BABEL, LIPUTAN7.ID – Tambang Ilegal didalam kawasan Hutan Lindung diduga mitra Aparat. Hasil penelusuran Liputan7 menemukan tambang Ilegal yang beroperasi dalam kawasan Hutan Lindung HL sungai kebiang. Diduga mitra oknum Aparat.

Hal tersebut terungkap saat Wartawan media Liputan7.id  bersilaturahmi kerumah inisial M, namun inisial M tidak ada di rumah, dan salah satu warga sekitar mengatakan kalau sore biasanya inisial M ada di lokasi tambang.

” Ya pak kalau sore begini biasa nya mereka memang tidak di rumah, mungkin dia ada di lokasi tambang Inkonvensional TI di sungai kebiang, ujar wanita separuh baya yang namanya di rahasiakan, 

Wartawan Liputan7 menuju lokasi tambang inkonvensional ilegal yang beraktifitas dalam kawasan hutan lindung sungai kebiang di Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 6 Januari 2024, sekira pukul 16:00.

Selanjutnya dalam perjalanan Wartawan di ikuti dua oknum aparat, saat sudah mendekati lokasi kurang lebih sekitar lima ratus meter, dua oknum aparat tersebut, menanyakan maksud dan tujuan datang ke lokasi tambang tersebut, wartawan Liputan7 menjawab hendak bertemu dengan inisial M.

” Oknum aparat tersebut mengatakan tidak perlu masuk ke lokasi, nanti saya panggil ke sini saja inisial M nya, salah satu rekan oknum tersebut masuk ke lokasi dengan tujuan memanggil inisial M, beberapa menit kemudian ada telpon dari lokasi mengatakan kalau inisial M sekarang tidak ada di lokasi, sedang berada di kota pangkal pinang, 

Saat disinggung mengapa saya tidak diperbolehkan masuk ke lokasi.

“Oknum aparat tersebut mengatakan, kalian kan wartawan, dan  pengusaha ini mitra kami, jadi kami harus konsisten terhadap Mitra kami jelas nya,

Kuat dugaan tambang inkonvensional ilegal yang informasinya menggunakan Alat Berat Excavator yang beroperasi dalam Kawasan Hutan Lindung HL sungai kebiang, di beck up oknum aparat, atau mitra Aparat, sesuai pengakuan oknum salah satu oknum tersebut,  

Terkait Adanya Aktivitas Tambang ilegal yang masuk wilayah hukum Kesatuan Pengelola Hutan Produksi Jebu Bembang Antan KPHP-JBA, kepala dinas  KPHP Parittiga Jebus, Panji Utama SH, saat dikonfirmasi mengatakan, Nanti ada tim yg akan turun kelapangan.

“Terimakasih infonya nanti team yang akan Turun Kelapangan ujar Panji utama SH,” ujarnya.

Kapolres Bangka Barat AKBP ADE ZAMRAH, saat dikonfirmasi berterima kasih kepada wartawan media liputan7.

“Terimakasih infonya dan Akan kita tindak lanjuti janji Kapolres Bangka Barat,” tulisannya pesan dari Kapolres.

Sampai berita ini diterbitkan. Team Liputan7 akan terus mencari dan menggali 

Informasi adanya tambang diduga ilegal tersebut. Dan liputan7 akan berkoordinasi ke Mabes TNI adanya dugaan oknum aparat ikut terlibat.