Pendidikan

Terapkan Tradisi Budaya Minang, MAN 3 Padang Pariaman Targetkan Kemajuan

401
×

Terapkan Tradisi Budaya Minang, MAN 3 Padang Pariaman Targetkan Kemajuan

Sebarkan artikel ini

PADANG PARIAMAN, LIPUTAN7.ID – MAN 3 Padang Pariaman yang berlokasi di jalan H Syamsuar Wahid, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang terapkan tradisi adat Minang bajamba di bulan maulid NAbi Muhammad SAW.

Hal itu terlihat jelas,”Dimana guru Siswa-siswinya berpakaian adat Minang,bagi Siswa laki” memakai baju muslim dan perempuan memakai baju Basiba Kayak Bundo kandung ciri khas Adat Minang,terlihat sangat menarik sekali bagi perempuan membawa jamba selayaknya seperti Mak mak,jamba dibawa ke musholla yang ada disekolah mereka.

“Hebatnya,jamba yang dibawa Siswa-Siswi,Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamin( P5, PPRA), Acara dilaksanakan layaknya Maulid NAbi Seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat Padang Pariaman,” kata Kepsek MAN 3 Padang Pariaman Fadhil.

Dia membeberkan, bahwa dalam kegiatan maulid Nabi sekolahnya mengangkat adat istiadat Minang. Hal itu bisa terlihat sangat menarik untuk dipelajari. Demikian itu bisa di dalan ranah cara menerima tamu, hidangan, dan membawa jamba selayaknya.

“Luar biasa, kegiatan seperti ini kemauan dan semangat kuat dari pada murid,”

“Saya bersama guru, komite, dan pegawai sekolah merasa bangga pada murid yang mau menerima kebijakan untuk kemajuan sekolah ini. Harapan kami kedepannya MAN 3 Padang Pariaman kecamatan IV koto Aur Malintang lebih maju,” paparnya.