DaerahKesehatan

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, RSUDMA Sumenep Hadirkan Alat Mammografi Pendeteksi Kanker Payudara 

250
×

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, RSUDMA Sumenep Hadirkan Alat Mammografi Pendeteksi Kanker Payudara 

Sebarkan artikel ini
Ket Gambar : Dokter Spesialis Radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis.
Ket Gambar : Dokter Spesialis Radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis.

SUMENEP, LIPUTAN7.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hadirkan alat dan pelayanan baru kepada masyarakat yaitu Mammografi atau mammogram.

Untuk diketahui, alat baru Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X.Pemeriksaan medis ini digunakan untuk mendeteksi lebih dalam kelainan pada payudara yang terjadi pada pasien.

Maka, dengan adanya alat ini pihak RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus melakukan penyempurnaan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati melalui Dokter Spesialis Radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, mengungkapkan, bahwa untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya pasien RSUD Moh Anwar Sumenep telah menyediakan alat baru yakni Mammografi atau mammogram sebagai untuk pasien yang mengalami penyakit payudara.

“Hal ini tujuannya hanya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, supaya RSUD Moh Anwar Sumenep menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat Sumenep dengan Tagline Bismillah Melayani atas Kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo – Ny. Eva, ” ungkapnya. Jum’at, (5/7/2024).

Lebih lanjut, dr. Abdul Aziz mengatakan, bahwa tidak hanya menyediakan alat kesehatan dan dokter spesialis, tetapi juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi tenaga media dan karyawan RSUD agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan sinar-X. Mammografi ini digunakan untuk memeriksa atau mendeteksi lebih lanjut apakah pada payudara pasien terjadi kelainan atau tidak, ” jelas dr. Abdul Aziz.

Dengan pemeriksaan melalui mammografi, menurutnya, agar bisa segera diketahui apakah payudara pasien terdapat tumor, kanker, kista, penumpukan kalsium, atau kelainan lainnya pada jaringan payudara.

“Apabila ditambah pemeriksaan dengan alat lain seperti USG yang kami miliki, maka diagnosis akan semakin akurat,” ujarnya.

Maka, dr. Azis juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Sumenep, untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit apabila dirasakan ada kelainan pada payudaranya.

“Makin dini pemeriksaan, maka makin mudah pengobatannya, juga angka kesuksesan terapi akan makin besar. Sebaliknya, bila telat, maka penyakit akan sulit disembuhkan,” pungkas dr. Azis yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Erfin Sukayati, juga berharap, semoga kedepannya rumah sakit di bawah kepemimpinan dokter Erliyati ini dapat terus meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan inovasi dan layanan-layanan terbaru dan terbaik untuk masyarakat.

“Doakan rumah sakit ini terus dapat menghadirkan yang terbaik untuk masyarakat. Tentunya dalam hal ini dukungan, kritik, dan saran dari masyarakat sangat membantu dalam proses menjadikan rumah sakit ini menjadi yang terbaik,” harap Erfin Sukayati, sekaligus mengakhiri wawancaranya.