Berita

Wakaf 400 Qur’an dan Donor Darah Digelar Melalui Doa Mengenang 19 Tahun Tsunami Aceh

1104
×

Wakaf 400 Qur’an dan Donor Darah Digelar Melalui Doa Mengenang 19 Tahun Tsunami Aceh

Sebarkan artikel ini

LHOKSEUMAWE, LIPUTAN7.ID – Blood For life fondation BFLF Lhokseumawe/Aceh Utara menyalurkan 400 Wakaf Al Qur’an pada kegiatan donor darah yang di adakan di lapangan Hiraq kota Lhokseumawe, Rabu (27/12/2023).

Mengenang musibah besar yang pernah melanda sebagian besar wilayah Aceh-Nias yang terjadi pada tahun 2004 silam. Peristiwa itu mengharukan dunia, yaitu masyarakat Aceh terkena musibah Tsunami dan sampai saat ini musibah tersebut masih sangat melekat dalam ingatan umat manusia terutama umat Aceh.

Apalagi masyarakat Aceh saat itu, banyak yang kehilangan harta benda dan keluarga tercinta, moment yang meninggalkan trauma yang cukup mendalam.

Memaknai moment 19 tahun silam bertepatan dengan tanggal 26 Desember 2023 kemarin, Blood for life foundation Lhokseumawe & Aceh Utara melaksanakan do’a dan dzikir bersama dayah binaan di Madrasah Diniah Awwaliyah Syamtalira Aron Aceh Utara.

Kegiatan doa dan dzikir bersama ini, dimaknai sebagai moment untuk mengirimkan do’a kepada keluarga, saudara yang telah menjadi korban, juga menjadi moment yang pas untuk merefleksikan diri agar senantiasa menjadi pengingat bahwa musibah bisa kapan saja datang, kadang tidak memiliki tanda-tanda, bahwa kita sebagai manusia biasa yang mampu kita lakukan adalah menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya sikap dan sifat.

Dan hari ini kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Donor Darah, pada bulan Desember ini kita sudah melakukan 3 kali kolaborasi kegiatan donor darah, Bersama BSI dan Ibu Salmawati Muzakir Manaf dan hari ini bersama Pegadaian Syariah Kota Lhokseumawe, dengan total kantong darah yang dikumpulkan sebanyak 224 kantong darah.

Pada moment itu, pihak BFLF LSM’ACUT sudah menyalurkan 400 wakaf Al Qur’an.

Pantauan di lapangan, kegiatan itu dimulai dari awal bulan, dikarenakan wakaf Al Qur’an yang diserahkan bukan hanya berada di area dalam kota Lhokseumawe ataupun Aceh Utara. Melainkan, sampai ke kota matang dan Bireun.

Adapun nama-nama Dayah yang menerima Al Qur’an, yaitu Nurul iman lhokseumawe, jamaah ceudah Lhokseumawe, Madrasah diniah awwaliyah Syamtalira Aron Aceh Utara, Yayasan kesejahteraan terpadu Aceh Utara, Dayah alwaliyah matang puntong kec. Samudera Aceh Utara, Tahfizh Baitul Qur’an Kota Matang, dan Dayah Rijalus Shalihin terpadu Peudada Kab. Bireun, serta masyarakat didatangi langsung ke rumah – rumah.

Menurut kabar yang sampai ke Liputan7.id, sumber anggaran penghibaan ratusan Qur’an itu, dari pewakaf Al Qur’an yang rutin menyalurkan Infaq melalui Safrina Dewi yakni Ketua Divisi perlengkapan sarana ibadah BFLF LSM’ACUT.

Khusus Untuk hari Ini BFLF mengundang semua elemen agar menyumbangkan darah, yang donor darah itu dihadiri dan diikuti LK 105 orang pendonor. Masing-masing Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, Danrem 011/Lw diwakili Kasi Pers Korem 011/LW a.n. Mayor Caj Mugi Santoso, Dandim 0103/Aut diwakili oleh Danramil 16/Bds a.n. Kapten Inf Fakhrizal,

Ketua Jalasenastri Cab. 6 Koorcab I Dja I a.n. Ny. Yuanita Andi Susanto,
Danramil 16/Bds yang diwakili oleh Sertu Maulana, Personel Korem 011/LW, Personel Kodim 0103/Aut, Personel Lanal Lhokseumawe, Personel Den Arhanud 001, Personil Blood For Life Foundation (BFLF) Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, RRI, jamaah Ceudah, IPEMI Lhokseumawe, S3 Hamudah Yusuf Kota Lhokseumawe, Masyarakat kota Lhokseumawe dan hadir juga bersama kita dalam kegiatan yaitu Sponsor Utama Kegiatan, Pegadaian Syariah Kota Lhokseumawe dan sponsor pendukung, Ibu Darwati Agani anggota DPRA serta Bapak Ilham Firdaus, SE

“Kami sangat berterima kasih sekali atas segala dukungan dan partisipasi, Alhamdulillah semua niat dan rencana yang kami sudah jauh-jauh hari susun berjalan dengan sangat lancar dan baik, semoga ke depan BFLF LSM’ACUT masih bisa melanjutkan perjuangan untuk meringankan beban masyarakat sekitar kita khususnya kota Lhokseumawe dan Aceh Utara,” tutup salah-satu panitia.