Berita

Wakil Bupati Lahat Pimpin Upacara dan Sampaikan Amanat Mensos RI

74
×

Wakil Bupati Lahat Pimpin Upacara dan Sampaikan Amanat Mensos RI

Sebarkan artikel ini

LAHAT, LIPUTAN7.ID – Bupati Lahat H Cik Ujang yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto bertindak sebagai inspektur upacara bendera, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Lahat, Jum’at (10/11/23).

Upacara tersebut diikuti oleh Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Lahat Chandra, Staf Ahli, Asisten, Seluruh OPD terkait, Seluruh Kabag dan Kabid, Ketua Legiun Veteran Kabupaten Lahat H. Usman Junaidi beserta anggota, TNI-Polri dan tamu sesuai undangan.

Dalam amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang disampaikan oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto mengatakan, bahwa hari ini 10 November 2023 kita memperingati Hari Pahlawan, hari yang sangat bermakna bagi kehidupan kita berbangsa dan bernegara.

“Hari Pahlawan ke-78 ini diperingati dengan mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,” bacanya.

Dia lanjut membacakan, bahwa tema itu diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikarunia begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpang beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” lanjutnya.

Pahlawan, katanya, termasuk orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara diatas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan dan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” imbuhnya.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutup Haryanto.