TNI

Warga Kemang Agung Dapat Bantuan Tangki Septi Swakelola Kodim 0418 /Palembang 

269
×

Warga Kemang Agung Dapat Bantuan Tangki Septi Swakelola Kodim 0418 /Palembang 

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG, LIPUTAN7.ID – Kunjungan kerja (Kunker) Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa di wilayah Kodim 0148/Palembang, dalam rangka Program unggulan pembangunan 100 tangki septik Hibah Air Limbah Setempat (HILS) swakelola Kodim 0418 / Palembang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang tahun 2023 yang di gelar di jalan Swakarsa Rt, 41 dan 42 Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati kota Palembang, Rabu (15/11/2023).

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis 100 MCK, pembagian sembako, serta meninjau secara langsung bangunan 100 MCK di salah satu rumah warga oleh Letjen TNI Teguh Muji Angkasa didampingi Drs. Ratu Dewa beserta jajarannya.

Letjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan, Sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat mempunyai fungsi tugas pokok diantaranya adalah bagaimana kegiatan teritorial diseluruh wilayah Indonesia yang dilakukan angkatan darat bisa berjalan sesuai dengan kebijakan pimpinan.

Lanjutnya kolaborasi antara Pemda pemerintah daerah dalam hal ini Walikota Palembang dengan Kodim khususnya untuk membantu kegiatan masyarakat, karena memang apapun yang kita lakukan seorang pejabat pemerintah daerah paling bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

“Kami memiliki tugas untuk membantu mempercepat proses tersebut, sehingga Kepala Daerah dalam hal ini Walikota tidak mengalami kesulitan untuk melakukan program-program khususnya dalam rangka terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Drs. H. Ratu Dewa M.Si menambahkan, Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan diantaranya: Pertama, Ini adalah program yang sifatnya kerjasama antara Kodim dengan Pemerintah kota Palembang dalam rangka pemasangan 100 septic tank di kelurahan Kemang Agung, dimana selama ini pembuangan airnya sembarangan.

“Kedua, Dengan pemasangan ini, Insya ALLAH sudah menjadi 100 persen untuk kita sebagai kota sehat sebagai salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti lomba kota sehat. Selama ini kita sudah digrade tingkat 2, dan sekarang kita bisa ikut lomba kota sehat di grade yang pertama,” terangnya.

“Ketiga, Ini akan menjadi percontohan karena Pemkot Palembang berkolaborasi dengan TNI, jadi kita menyiapkan anggarannya dan yang bekerja itu prajurit-prajurit TNI. Ini akan menjadi percontohan, dan nanti setelah kita koordinasi dengan pihak Kementerian sebagai sumber tenaga kerja, pekerjaannya semua dibantu oleh prajurit-prajurit TNI,” ulasnya.

Sementara itu, Ir. R A Marlina Sylvia, ST., M.Si., M.Sc., IPM., ASEAN.Eng, menuturkan, Bahwa HILS ini memiliki keunggulan secara teknis berupa pengolahan, biopor, dan zat pabrikasi yang langsung bisa diolah di dalam dan keluarnya menjadi air bersih.

“Dengan telah dibangunnya 100 MCK HILS ini kota Palembang bisa mengikuti perlombaan lomba kota sehat, mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya buang air tinja ke selokan dan sungai tidak lagi, dan lingkungan menjadi bersih karena sudah diolah menjadi air bersih. Untuk daya tampung septic tanknya 800 liter, itu bisa bertahan sampai 10-20 tahun dan dilakukan penyedotan 3-5 tahun,” pungkasnya.