Pemerintah

Wisata Pemancing Kartini Gagasan Minapolitan, Secara Resmi Dibuka Sekda Jepara

304
×

Wisata Pemancing Kartini Gagasan Minapolitan, Secara Resmi Dibuka Sekda Jepara

Sebarkan artikel ini

JEPARA,LIPUTAN7.ID – Sekda Jepara Edy Sujatmiko secara resmi membuka wisata pemancingan kartini, yang digagas paguyuban Minapolitan Bulu yang berada di seputar Kios Pemasaran Hasil Perikanan Jepara, Kelurahan Bulu, Kecamatan Jepara. Jum’at (2/2/2024) pagi.

Wisata “Pemancingan Kartini” menawarkan konsep pemberdayaan masyarakat penyewa kios sekaligus memanjakan warga yang hobby memancing.

“Ini akan menjadi fasilitas pembesaran, pembelajaran, dan wisata perikanan. Jadi silakan dijadikan sebagai tempat belajar budidaya ikan sekaligus membangkitkan sektor wisata,” kata Edy Sujatmiko dalam acara yang dihadiri sejumlah kepala Perangkat Daerah.

Sekda menyebut, tambak yang kini dijadikan kolam pemancingan itu selama ini kurang dioptimalkan. Karena itulah, dia mengapresiasi penataan lingkungan di seputar kolam tersebut, termasuk pengembalian fungsi kios sebagai tempat pemasaran hasil perikanan oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Jepara.

Agar fasilitas ini menarik minat masyarakat, dia berpesan agar dilakukan penataan saluran dan tempat parkir.

“Perlu juga ketegasan untuk menjaga pemanfaatan kios dan lahan ini sesuai fungsinya,” tambah Edy Sujatmiko.

Pada kesempatan itu Edy Sujatmiko juga menebarkan benih ikan nila merah di kolam tersebut.

Kepala Diskan Farikhah Elida mengatakan, terdapat lima petak tambak seluas 4500 meter persegi yang dimanfaatkan untuk kolam pemancingan.

“Dikelola oleh Paguyuban Minapolitan Bulu yang anggotanya penyewa kios pemasaran hasil perikanan,” kata Elida.

Sementara itu, peresmian Pemancingan Kartini diisi juga dengan lomba memancing untuk pengunjung acara.

Dalam lomba itu, warga yang tinggal di Desa Kuwasen, Sely Selita Solvanawati menjadi juara 1. Dia mengalahkan Abdul Syukur (Demaan) dan Rini Patmini (Mayong). Hadiah pemenang diserahkan Sekda Jepara Edy Sujatmiko.