AgamaEntertainment

Ribuan Jemaah Haji Di Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Massal Pertama

97
×

Ribuan Jemaah Haji Di Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Massal Pertama

Sebarkan artikel ini

Ribuan Jemaah Haji Di Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Massal Pertama

TUBAN,LIPUTAN7.ID – Ribuan calon jemaah haji Kabupaten Tuban, Jawa Timur mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal I yang dipusatkan di Gedung Graha Sandya, Selasa (23/4/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 1.150 calon jemaah haji itu dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kementerian Agama Tuban, Umi Kulsum.

“Sebanyak 1.178 peserta bimbingan manasik haji massal 1 yang terdiri dari 1.150 jemaah haji, 15 orang petugas kloter, 10 Petugas Haji Daerah dan 3 Pembimbing KBIHU,” jelas Umi.

Umi menyebut, setiap kloter akan didampingi 5 petugas kloter yakni Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, 1 dokter dan 2 tenaga kesehatan.

“Petugas harus sabar menghadapi berbagai macam karakter jemaah dan jemaah tidak boleh terlalu ngalem kepada petugas,” pinta Umi.

Umi juga mengingatkan pelaksanaan vaksin miningitis yakni sekitar tanggal 24-27 April.

“Lebih dari itu tidak berlaku dan akan mengikuti di kloter lain, sedang estimasi keberangkatan jemaah haji kabupaten Tuban tanggal 12-13 Mei kloter 10, 11 dan 12,” terang mantan Kasi Pendma Kemenag Tuban itu.

Dalam kesempatan tersebut hadir seluruh jajaran pimpinan Kemenag Tuban, Kepala KUA, Ketua KBIHU dan petugas haji.

Jemaah mendapatkan 3 materi. Pertama materi oleh Kakankemenag Tuban yaitu Kebijakan Penyelenggaraan Haji tentang Jemaah Haji Lansia.

Materi Alur Perjalanan Ibadah Haji dan Tata Kelola Dam oleh Pengasuh KBIHU Al Islahiyah Tuban KH Ahmad Ainul Yaqin.

Kemudian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dipaparkan oleh dr. Atik Supraptiningsih yang menjelaskan tentang materi Kebijakan Pelayanan Kesehatan dan Senam Haji.